logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengintip Hutan Mangrove Pandansari Brebes

Mengintip Hutan Mangrove Pandansari Brebes(wisata-indonesia-elipl.blogspot.co.id)-Hutan mangrove Pandansari di kawasan pantai Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kec-Brebes, Brebe Jateng. Pandansari itu pedukuhan di pesisir utara masuk Desa Kaliwlingi Kec-Brebes, berjarak 10an km dari Brebes.

 

Selain  rimbunnya pohon mangrove, kita dapat pergi ke Pulau Pasir, seluas ± 10 ha. Baru (2008) tokoh muda Mashadi dibantu Rusjan mantan Kades Desa Kaliwlingi beserta kelompok KBL Mangrove Sari dengan telaten menanam kembali mangrove untuk mencegah parahnya abrasi. Mangrove juga ditanam sebagai upaya mengembalikan ekosistem biota laut.

 

Mashadi dan kelompok binaan berhasil menanam 2.260.000 batang mangrove seluas 200 ha. Dia memberdayakan masyarakat Lokal, pemanfaatan potensi lokal, pemanfaatan lahan kritis, kampanye penyadaran masyarakat dan pembelajaran lingkungan, perlindungan kawasan hutan mangrove dengan membentuk satuan tugas jaga segara (SATGAS GARA) dan pertanian berkelanjutan.

Dari jerih payah Mashadi, telah dapat penghargaan Kalpataru dari Presiden RI Joko Widodo pada 5/6/15 di Istana Negara, dia juga dapat hadiah tambahan Rp 5 juta dari Bupati Brebes. Ada 3 jenis vegetasi mangrove  di pantai Dukuh Pandansari yaitu: Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, dan Avicenniamarina.

 

Jenis Rhizophora mucronata yang oleh penduduk setempat disebut bangka dan tersebar hampir merata dan mendominasi di sepanjang pantai, saluran air dan pematang tambak serta Rhizophora apiculata, dan Avicennia marina yang tidak selalu ditemui.

Avicennia marina itu pionir dalam komunitas mangrove dan ditemukan pada zona garis pantai terluar dari suatu daratan. Ini disebabkan sistem perakaran Avicennia mampu menangkap sedimen sebagai media hidupnya sehingga dapat membentuk daratan.

 

Penyebaran vegetasi mangrove berdasarkan jenis substrat tempat hidupnya menurut Bengen (2002), Rhizophora spp. dapat tumbuh dengan baik pada subtrat berlumpur dan dapat mentolerir tanah lumpur – berpasir sedang Avicennia spp. tumbuh dengan baik pada subtrat pasir berlumpur.

 

Fauna
Untuk menunjang wisata, warga membuat tracking atau tempat berjalan bagi wisata yang ingin menyusuri dan lihat rimbunnya pohon bakau serta burung bangau yang kerap berada di rimbunan ranting atas pohon mangrove.

Hutan mangrove ini cocok bila dijadikan tempat tujuan wisata. Dari fungsi biologisnya, hutan mangrove sebagai habitat satwa liar seperti burung, reptil liar, amphibi, udang, kerang darah dan ikan, sehingga bisa berfungsi sosial ekonomi. Bagi pehobi memancing, lokasi ini dianggap tempat favorit melepas kepenatan. Mereka bisa menyalurkan kesenangannya itu diatas perahu sewaan.

Pulau Pasir

Dengan perahu bermesin diesel, pelancong bisa menikmati hutan mangrove dan Pulau Pasir. Di sepanjang pantai, terlihat burung camar dan bangau, terbang di atas hutan dan kadang2 mematuk ikan yang tengah me-nari2. Selain itu, berupa tambak warga yang terkena abrasi. dapat menyaksikan warga Pandansari cari kerang, udang, dan ikan, di bekas tambak yang tenggelam.

Ketika tiba di Pulau Pasir, terlihat Laut Jawa dengan air yang biru, serta kapal nelayan di tepi pantai. Di sebelah barat, selatan, dan timur, terlihat hamparan tambak, rerimbun mangrove dan melihat anak2 menikmati mandi di laut yang berair jernih. (Bahan dari :  http://wisata-indonesia-elipl.blogspot.co.id/2016/04/hutan-mangrove-pandansari-brebes-jawa.html?m=1)-FatchurR

3 Responses to Mengintip Hutan Mangrove Pandansari Brebes

  • Harry Reksosamudrasam says:

    Hutan mangrove perlu dilestarikan dan diawasi ketat agar pertumbuhannya baik merata, dg demikian abrasi laut tdk mengikis daratan sedikit demi dlm jangka lama cukup banyak terkikis. Konon yg jenis avicennia dpt membentuk daratan, mestinya jenis ini diperbanyak, tp jenis ini jarang terlihat, mungkin ada suatu sebab, shg tdk diperbanyak

  • fatkhurr says:

    Makin banyak dikembangkan, mangrove akan makin menyejahterakan masyarakat selain dampak abrasi

  • Betul itu cak, dari pohon mangrove bisa mengurangi polusi, memberi oksigen dll, manfaat lainnya bisa dibuat sirup mangrove, dodol dan penganan lain yg meberi manfaat ekonomi warga, serta memperindah pantai juga dibuat resort spt di Probolinggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita