logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Lautan Mulai Hancur karena Pemanasan Global

kutub antartika meleleh(radarbanyumas.co.id)-Para ahli iklim PBB di Monaco (25/9) ini mengungkap gambaran menyeramkan lautan dan es di planet ini. Bukti baru pentingnya berperang melawan pemanasan global untuk menanggapi kelambanan para pemimpin dunia.

 

Terlepas dari marahnya aktivis muda Swedia Greta Thunberg, yang diundang ke PBB, nyatanya KTT iklim Senin (23/9) di New York dinilai gagal membuat keputusan serius oleh para pendukung iklim.

 

“Jutaan orang di jalanan hari Jumat menegaskan mereka tidak lagi menerima sikap apatis, permintaan maaf, dan diamnya pemimpin dunia, lemah dan tidak mampu melawan kekuatan industri bahan bakar fosil.” komentar Jennifer Morgan, direktur Greenpeace International seperti ditulis AFP.

 

“Pemerintah perlu tahu, janji-janji mereka harus menjadi tindakan dan dapat membuat perbedaan. Itu bisa menjadi investasi untuk masa depan,” ujar Stephen Cornelius dari WWF, yang menghadiri sesi itu sebagai pengamat, mengatakan kepada AFP.

 

Para ilmuwan dan diplomat dari 195 negara anggota Giec membuat kesimpulan hari itu. Sebelumnya mereka berdebat 27 jam terakhir membahas laporan setebal 900 halaman. Mereka butuh satu malam tanpa tidur untuk membahas keberatan Arab Saudi sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia.

 

Lautan, yang mencakup lebih 80% permukaan bumi, telah menyerap 1/4 dari emisi gas rumah kaca yang dihasilkan manusia. Sehingga suhu laut naik, terjadi pengasaman, dan hilangnya oksigen. Begitu juga lapisan es hingga gletser, area beku di planet ini tak terhindar dari dampak buruk pemanasan global.

 

Naiknya permukaan laut akibat penyempitan lapisan es Antartika dan Greenland akan mengancam banyak wilayah pesisir. Dari negara pulau kecil hingga kota metropolitan besar seperti New York atau Shanghai, hingga delta Sungai Gangga atau Mekong.

 

Dengan atau tanpa langkah-langkah pencegahan, kondisi semakin menakutkan. Saat ini, dengan pemanasan hanya + 1 ° C, dampaknya sudah sangat terasa. Dari badai hingga banjir, melalui kekeringan dan gelombang panas yang mematikan.

 

(Kiriman Yong Sidharta-A61; Bahan dari : afp/acd;  Radar banyumas dan https://radarbanyumas.co.id/lautan-mulai-hancur-karena-pemanasan-global/)-FatchurR

 

*** Apa peran kita ? Tentu ikut mengurangi tindakan yang memperparah kondisi pemanasan global. (FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita