logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Lagi tentang Singapura Negara terbersih(1/2)

Singapura Negara terbersih(transkhatulistiwa.co.id)- Singapura negara yang memiliki keanekaragaman budaya dari Melayu, Cina, India, Britania, dan peranakan, dari segi aspek lingkungan, kelestarian lingkungan terjaga ini terlihat dari berbagai kebijakan yang dibuat pemerintah Singapura.

 

Negara ini mengedepankan lingkungan hidup, tak se-mata2 cari untung ekonomi, tapi berpijak pada lingkungan bersih-sehat untuk masyarakatnya. Ketika crew transkhatulistiwa ke negara ini, terlihat dari awal di Bandara terbesar dan bersih : Changi, walau banyak kendaraan, tapi bau  asap kenalpot tak terasa, ini berarti mutu kendaran di Singapura terkontrol dan terjaga dalam uji layak kendaraan.

 

Segi kebersihan kita dibuat takjub tak ada sampah2 berserakan, walau jalan2 ramai dilalui kendaraan roda-2 dan 4, ini terlihat ketika melintasi Orchid Road, jalan dikelilingi gedung2 pencakar langit dan pusat perbelanjaan, seakan indah dipandang mata, sepertinya kebersihan lingkungan menggerakkan ekonomi untuk maju karena para investor seakan nyaman dengan lingkungan yang bersih.

 

Singapura seakan terlihat kontras bila dibanding Kota2 tercinta Indonesia. Padahal negara kita kaya hasil buminya bisa membuat negeri Indonesia lebih nyamaan dari Singapura, Tapi Singapura lebih berhasil membangun negaranya yang tanpa kekayaan alam, tetapi memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dalam menjaga kebersihan negara.

 

Singapura yang memiliki daratan kecil yang dikelilingi lautan bisa dapat menghipnotis pelancong untuk masuk kenegara ini yang dapat menghasilkan Devisa besar untuk Singapura.

 

Penghijauan ditiap pembangunan dan didasarkan pemikiran “The Singapura Way” , seakan mengambarkan pertumbuhan ekonomi dinamis tapi menyertakan kualitas lingkungan hidup yang baik bagi warganya kini dan yang akan datang, Sistim daur ulang selalu diterapkan di negara ini, sampah tidak bermanfaat bisa di daur ulang dan kembali digunakan.

 

Sehingga mengurangi sampah dan berpengaruh besar pada pengurangan pelepasan CO2 keudara. Untuk bangunanpun dinegara ini ber-Certifikat Green Mark. Yang memiliki certifikat ini bangunannya ramah lingkungan, tiap gedung memiliki taman2 luas, sehingga kehidupan ekosisitim menghasilkan oksigen yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

 

Dalam menjaga kebersihanpun negara ini bersikap tegas pada warganya, bila telihat membuang sampah sembarangan atau merokok disembarang tempat dikenakan denda tinggi, sehingga warga singapura takut pada kebiasan kotor yang mengakibatkan harus membayar denda tinggi. Hal ini diawasi CCTV yang ada ditiap penjuru, dan petugas atau yang biasa disebut Saman.

 

Mereka tak pandang bulu menangkap dan tidak berkompromi disegala kesalahan warganya, Semoga negara Indonesia bisa belajar dari negara kecil ini yang tidak memiliki kekayaan alam tapi dapat mensejahterakan rakyatnya. (ACH. M; Bahan dari :   http://transkhatulistiwa.co.id/singapura-negara-terbersih-di-asia/)-FatchurR *

 

*** Marilah kita teladani kondisi itu dimulai dari diri kita FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita