logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Lagi dan lagi-Singapura yang Hijau-Bersih-Indah(2/2)

Singapura Negara terbersih(vovworld.vn)-Lingkungan  perkotaan hijau, bersih, indah dan sistem perhubungan modern jadi masalah yang mendapat perhatian istimewa pemerintah banyak negara. Ini tak hanya mendatangkan kualitas kehidupan rakyat di perkotaan saja, tapi juga berpengaruh besar pada perekonomian negara-nya.

 

Khususnya mendatangkan pertumbuhan yang melompat bagi pariwisata. Singapura – negeri yang dinamakan: Negeri  pulau terhijau, bersih, indah di Asia dan adalah termasuk Topten di dunia melalui reportase berjudul:  Singapura- kota yang hijau, bersih dan indah.

 

Dengan luas 647 km2, penduduknya  lebih tiga juta jiwa, Singapuraitu negara multi etnis, ada : 76,8%  Tionghoa, 13,9% orang Melayu, sisanya India, Pakistan, Srilangka dsb. Negeri  pulau  yang dinamis dan kecil ini simbol dari inti sari  kedua kebudayaan Timur dan Barat.

 

Meski sempit, tapi  kota ini dirancang  rasional, dari pusat perdagangan yang ramai, kebun2 yang tenang tenteram sampai gedung2 bersusun menjulang tinggi  dengan  campuran harmonis antara kebudayaan, multietnis,  seni dan arsitektur barat. Dimanapun  di negara ini, Bandara, jembatan layang  gedung2,  sampai WC publik ditanami pohon hijau dan bunga  yang bersemarak berwarna-warni.

 

Di atap  gedung dari beton bertulang baja pun  dihias dengan pohon hijau.  Hal ini  karena ada tekat besar dari pemerintah Singapura melalui kebijakan2 manajemen, pengawasan lingkungan, menganggap pelestarian lingkungan ekologi sebagai tugas strategis kebijakan pengembangan sosial-ekonominya.

 

Pemerintahnya membuat banyak  kebijakan manajemen, pengawasan lingkungan, dan pelestarian lingkungan  ekologi sebagai tugas strategi kebijakan pengembangan sosial-ekonomi Tanah Air.  Singapura banyak melangkah  mengawasi dan melestarikan lingkungan, diantaranya UU  tentang lingkungan adalah instrumen yang paling  efektif. Hal itu menjamin kebersihan, keindahan lingkungan.

 

Justru karena suasana segar di Singapura itu  membawa negeri ini tiap tahun menyerap wisatawan yang  melampaui jauh jumlah penduduk negaranya. Datang dari manapun,  wisatawan punya kesan baik tentang lingkungan dan kesedaran melestarikan lingkungan dari rakyat negara kepulauan ini.

 

Setelah berkunjung di Singapura  akhir-akhir ini, Pham Minh Anh, mahasiswa  Akademi  Journalist  dan Komunikasi  Hanoi memberitahukan “ Di Singapura, semua pelanggaran seperti merokok  di tempat umum, melemparkan sampah semaunya, melanggar ketentuan lalu lintas, semuanya didenda berat.

 

Rakyat serius  mematuhi ketentuan2ng melestarikan lingkungan. Mereka sadar membagikan jenis sampah  di masing2 tas yang ditetapkan untuk menciptakan syarat kondusif dalam mendaur ulang. Selama sepekan di Singapura, saya berjalan di banyak jalan, tetapi sulit melihat polisi di jalan2,tapi rakyat hidup penuh kesadaran.”

 

Selain faktor lingkungan hijau dan  bersih,  sistem lalu lintas di negeri  ini terbaik di dunia. Di Singapura banyak ragam  kendaraan  umum, tapi kebanyakan bis dan sistem metro. Karena tanahnya sempit, maka pemerintahan ambil langkah2 khusus menghindari kemacetan lalin, misal membentuk  “ zona-zona lalu lintas terbatas”.

 

Juga terus menurunkan kepemilikan mobil baru dengan memungut pajak tinggi atas impor mobil  dan pemakai mobil juga harus bayar biaya  bepergian di  highway dan daerah sentral. Karena itu, wisatawan ketika  berjkunjung di negeri ini merasa tenang  dan kondusif,  berbelanja di semua jalan dan tidak  khawatir  polusi atau keselamatan lalu lintas.

 

Kevil, wisatawan Brunei Darusalam memberitahukan :“ Jaringan lalin publiknya ideal, di semua  stasion bis dan jalan, tidak ada   parking sembarangan  dan rakyat tidak  harus menderita obsesi  polusi  atau kemacetan. Kendaraan2 berkecepatan lebih dari 40 km/jam> Mereka mematuhi ketentuan tentang keselamatan lalu lintas”.

 

Lingkungan hijau dan  bersih, satu sistem perhubungan kondusif dan modern di Singapura jadi target yang ditujukan oleh banyak kota, khususnya negara2 ASEAN. Tapi untuk mencapainya, selain  ketentuan hukum yang keras, kesadaran rakyat adalah faktor pemberi sumbangan keberhasilan ini.

 

Mudah2an, dengan konektivitas erat dan pengalaman bagi negara2 ASEAN, dalam waktu dekat lingkungan perkotaan di negara2 ASEAN berubah jadi positif, mendatangkan kualitas kehidupan yang lebih baik pada rakyat. (Anh Dao; Bahan dari :   http://vovworld.vn/id-ID/rumah-asean/singapura-kota-yang-hijau-bersih-dan-indah-80325.vov)-FatchurR *

2 Responses to Lagi dan lagi-Singapura yang Hijau-Bersih-Indah(2/2)

  • Dan rJenny Rijanto says:

    Bagi yang pernah berkunjung ke spore pasti merasakan kenyamanannya meski penduduknya kelihatan cuek tp mrk mau menolong bila qt memerlukannya dan mrk sangat menghormati penyeberang jln juga karyawan toko nya gak sibuk mengobrol dan main hp .mrk bekerja spt tokonya milik mereka.sendiri

  • Fatkhur Rochman says:

    Perilaku gampang tapi susah ditiru oleh madyarakat kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita