logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Gletser Bumi Mencair Lebih Cepat

Gletser Bumi Mencair Lebih Cepat(techno.okezone.com)-JAKARTA; Gletser bumi dikabarkan mencair lebih cepat dari perkiraan para ilmuwan. Studi baru menunjukan ada sekira 369 miliar ton salju dan es yang mencair tiap tahunnya. Bahkan, Sejak 1961 dunia telah kehilangan 10,6 triliun ton es dan salju (9,6 triliun metrik ton).

 

Dilansir laman Time, (10/4/2019) jika di-hitung2 gletser dunia menyusut 5x lebih cepat sekarang dari di tahun 1960-an. Cepatya lelehan gletser diduga karena pemanasan global dan air laut yang sudah naik.

 

“Lebih dari 30 tahun tiba2 semua daerah mulai kehilangan massa pada saat yang sama. Hal ini jelas karena adanya perubahan iklim jika Anda melihat gambaran global, ” kata Direktur Layanan Pemantauan Gletser Dunia di Universitas Zurich, Michael Zemp.

 

Jurnal nature juga menyebutkan jika gletser menyusut lebih cepat di Eropa tengah, wilayah Kaukasus, Kanada barat, Selandia Baru, dan dekat daerah tropis. Gletser di tempat-tempat ini rata-rata kehilangan lebih dari 1% massa mereka setiap tahunnya.

 

“Di wilayah ini, tingkat kehilangan gletser kini, gletser tidak akan bertahan abad ini,” kata Zemp. Tim Zemp menggunakan pengukuran darat dan satelit melihat 19.000 gletser, jauh lebih banyak dari penelitian sebelumnya. Mereka menetapkan Asia barat daya satu2nya wilayah 19 di mana gletser tidak menyusut, yang menurut Zemp disebabkan oleh kondisi iklim setempat.

 

Ilmuwanlama mengetahui pemanasan global yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti membakar batu bara, bensin dan solar untuk listrik dan transportasi membuat Bumi kehilangan esnya. Mereka terutama peduli dengan lapisan es besar yang menutupi Greenland dan Antartika.

 

Menurut Zemp penyebab terbesarnya lautan jadi lebih hangat, yang membuat air mengembang. Angka2 baru menunjukkan pencairan gletser adalah kontributor lebih besar dari yang diperkirakan, bertanggung jawab atas 25% – 30% dari kenaikan tahunan di lautan.

 

“Laut yang naik mengancam kota-kota pesisir di seluruh dunia dan menempatkan lebih banyak orang dalam risiko banjir selama badai.

 

Gletser tumbuh di musim dingin dan menyusut di musim panas, tetapi karena Bumi telah menghangat, mereka tumbuh lebih sedikit dan semakin menyusut,” kata Zemp.  (ahl; Pernita Hestin Untari; Bahan dari : https://techno.okezone.com/read/2019/04/09/56/2041136/fenomena-gletser-bumi-yang-mencair-lebih-cepat-ini-penjelasan-ilmuwan)-FatchurR *

One Response to Gletser Bumi Mencair Lebih Cepat

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Pemanasan global dan berita black hole yg kian jelas fotonya, merupakan berita astronomi mendebarkan hati. Bagaimana tdk menakutkan, lha ancaman2 yg dulunya diprediksi, ternyata sebagian sdh merupakan kenyataan.
    Mungkin dlm siklus hidup generasi limited edition ini, msh baru berupa gejalanya yg selanjutnya cucu kita mungkin akan menyaksikan kebenaran prrediksi itu.
    Semoga saja, alam bisa memproteksi dirinya secara alamiah, terhindar dr musibah perubahan iklim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita