logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Denpasar merancang smart city

Denpasar merancang smart cityDenpasarKementerian PU dan Pemkot Denpasar memprogramkan pembangunan infrastruktur jalan dan trotoar, wujud dari “smart city” berwawasan budaya n kreatif. Perwakilan Kemen-PU AAN Budi Arnaya degan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, mengatakan, perencanaan trotoarisasi itu mulai 2012 dan lanjut 2015, dengan pelebaran trotoar minimal 1,5 meter.

 

“Penerapan proyek ini mulai dari Renon, karena strategis, banyak perkantoran” ujarnya, (26/3). Dia mengatakan, perencanaan pembuatan trotoar yang multi fungsi ini digunakan tempat “jogging” dan bersepeda sesuai konsep yang menghubungkan trotoar multi fungsi dari satu kantor ke kantor lainnya.

 

Dengan demikian, pegawai di kantor itu dimudahkan pergi ke kantor lain tanpa menggunakan kendaraan bermotor, tapi dengan bersepeda dan berjalan kaki. “Diharapkan ke depan Kota Denpasar bisa dijadikan percontohan dalam program Smart City yang berwawasan budaya,” katanya.

 

IB Rai Dharmawijaya Mantra mendukung dan ingin menerapkan program trotoar multi fungsi ini di Kota Denpasar, seperti halnya di Kota Barcelona. “Saya melihat di sana seluruh trotoar di kota itu bisa digunakan tempat jogging dan bersepeda dan tersusun rapi.

 

Orang tak perlu pergi ke lapangan jika ingin ber-OR, cukup ditrotoar, itu pun bisa dilakukan tiap hari,” ujar Rai Mantra didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta.

 

Pembangunan trotoar multi fungsi ini harus dipersiapkan matang agar mereka tahu manfaat dari trotoar multi fungsi itu. Misal dengan mengisi jarak tempuh dari trotoar satu ke tempat berikutnya bisa membakar berapa kalori. Dan itu jadi motivasi tersendiri bagi masyarakat yang ingin berolahraga.

 

“Ya mudah2an pembangunan trotoar multi fungsi ini cepat terealisasi, karena efek ke depan menjadi baik untuk infrastuktur pembangunan Kota Denpasar yang lebih baik,” katanya. (/AF; Antara; dan http://m.beritasatu.com/sains/260618-kementerian-pu-rancang-infrastruktur-smart-city.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita