logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Biopori- Gerakan sejuta biopori di Bandung

Biopori- Gerakan sejuta biopori di BandungBANDUNG- Kota Bandung berpotensi banjir. Hal ini karena faktor2:  topografinya berupa cekungan, dataran banjir Kota Bandung yang berada di daerah aliran sungai Citarum, jenis tanahnya yang memiliki kemampuan penyerapan kecil, serta curah hujan yang tinggi.

Upaya pencegahan banjir membutuhkan sebuah usaha konkret. Oleh karena itu, Citibank bersama lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengadakan kegiatan “Gerakan Sejuta Biopori di Kota Bandung”.

Biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos, sehingga meningkatkan daya penyerapan tanah.

Sebagai lembaga pelaksana Gerakan Sejuta Biopori, ACT wajib melanjutkan gerakan ini agar target jumlah lubang resapan biopori mencapai sejuta lubang. Kepala Cabang ACT Bandung, Dwiko Hari Dastriadi mengatakan, pihaknya  mengapresiasi Citibank perusahaan yang aktivitas sosialnya lebih mengangkat ke lingkungan dan kerelawanan.

“Citibank melibatkan karyawan serta melihat program ini sebagai program strategis karena berdampak terhadap keberlanjutan kehidupan generasi mendatang,”kata Dwiko. Citibank perusahaan pertama di Bandung yang mempelopori keberlanjutan Aksi Pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB).  Branch Manager Citibank Soenyana Soly mengatakan, biopori merupakan langkah tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir.

Langkah ini juga dapat membantu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan oleh genangan air seperti demam berdarah dan malaria. Selain berfungsi mengurangi resiko bencana banjir, biopori dapat menjadi modal sumber air pada saat musim kemarau.

“Membuat biopori merupakan sebuah langkah sederhana namun memberikan lompatan besar bagi lingkungan. Kami berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi panutan bagi masyarakat Bandung untuk mewujudkan kota yang sehat” ujar Soenyana.

Kadis Pertamanan dan Pemakaman Pemkot Bandung Arif Prasetya S mengungkapkan, mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Pemkot akan memakai dana CSR dari perusahaan-perusahaan untuk mewujudkan kembali kota Bandung yang bersih, hijau dan sehat.

“Pembuatan jalur hijau dan biopori di setiap kawasan permukiman terutama pada daerah banjir ini berguna untuk masyarakat,”kata dia. Acara yang dilangsungkan di Taman Cibeunying ini, diikuti 20 relawan dan 50 Citibankers Bandung sebagai wujud kepedulian mereka terhadap Kota Bandung.

 

Yudithia Carmelita, salah satu relawan mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi Kota Bandung saat ini yang sering mengalami bencana banjir. Kepedulian inilah yang mendorong 50 Citibankers serta puluhan relawan lain untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

“Saya sangat antusias dengan program ini karena kegiatan ini sangat positif dan bisa menghimbau masyarakat untuk ikut andil menjaga Kota Bandung dari potensi bencana banjir”, ujar Yudithia

Setiap tahunnya Citibank Indonesia mengadakan kegiatan tahunan Citi Global Community Day (GCD) sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Citi terhadap masyarakat. Memasuki tahun ke-9 pelaksanaan GCD di Indonesia.

 

GCD Bandung tahun ini khusus mengangkat tema Gerakan Sejuta Biopori Citibank Bandung-Tanah Sehat -Kota Sehat-Kita Bahagia. Tujuannya mencegah banjir dengan meningkatkan daya resap air pada tanah. ( Dimas Waraditya Nugraha; Editor : Yanto Rachmat Iskandar; http://bandung.bisnis.com/m/read/20140611/82444/510620/gerakan-sejuta-biopori-untuk-bandung-sehat)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita