logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Bekas tambang illegal ditanami ribuan Mangrove

Lumajang – Bekas lokasi penambangan ilegal di Pantai Watu Pecak, Desa Selok Awar2, Kec-Pasirian, Lumajang, ditanami ribuan bibit bakau oleh warga setempat bersama komunitas peduli lingkungan. Rencananya, di area seluas 2 hektar ini akan dijadikan ekowisata hutan bakau atau mangrove.

Aktivis Lingkungan, A’ak Abdullah mengatakan, ini inisiatif warga setempat. “Fungsinya mengurangi abrasi,” jelasnya pada wartawan di sela-sela kegiatan penanaman, (6/11/15) sore. Pendanaan acara, masyarakat membeli bibit dengan swadaya. Rencananya, pemerintah setempat juga bakal melakukan hal serupa. “Pemerintah juga melakukan hal serupa entah kapan,” lanjut A’ak.

Dia menjelaskan, ± 2500 bibit bakau ini dibeli dari Pasuruan dengan harga setengah dari biasanya. “Harapannya, semangat dari masyarakat ditiru warga pesisir lain,” ujar A’ak. Mukharim, penjual bibit bakau yang juga aktivis lingkungan, memberi petunjuk penamanan pada ratusan relawan yang hadir untuk melakukan aksi sosial ini.

Menurut dia, jika penanaman mangrove ini berhasil, nantinya jadi wisata desa yang dapat memberikan keuntungan materi pada desa. “Juga bisa bermanfaat bagi anak cucu. Masa tumbuhnya hingga bisa dinikmati maksimal harus menunggu 2 tahun,” jelas pemilik Mangrove Center Pasuruan ini.

Seperti daerah mangrove lain, kata Mukharim, mangrove yang berhasil mengundang satwa secara alamiah. “Paling banyak kepiting,” ujarnya. Anggota C DPRD Jatim, Thoriqul Haq yang ikut menam, berharap nantinya mangrove bisa menjadi tempat keluarga berlibur. “Terutama anak-anak bisa main ke sini,” katanya. (bdh/bdh; http://news.detik.com/read/2015/11/06/190320/3064508/475/bekas-lokasi-tambang-ilegal-di-selok-awar-awar-ditanami-ribuan-mangrove)-FatchurR

—————-

 

Berita Lingkungan hidup lainnya :

  1. Penghargaan Liungkungan hidup di DKI
  2. PT Pelni sediakaan air bersih dari air laut
  3. Manado bersihkan pantai-masuk MURI

————–

 

Penghargaan Liungkungan hidup di DKI

Jakarta – Gubernur DKI, Basuki TP memberi penghargaan Pengelolaan LH dengan kategori sangat baik kepada 11 perusahaan di DKI. Penghargaan ini memberi apresiasi kepada perusahaan yang memelihara lingkungan hidup. Serta memotivasi perusahaan lain untuk melestarikan lingkungan hidup.

 

“Dengan diberikan penghargaan ini, saya mengharapkan akan semakin mengingkatkan motivasi para pelaku usaha sekolah dan masyarakat untuk makin berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pengelolaan LH” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta (11/11).

 

Sebelas perusahaan yang menerima penghargaan itu, antara lain PT Astra Daihatsu Motor (Assy Plant), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMI) Sunter (Plant 2), PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk – Divisi Noodle, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Sunter (Plant 1), PT Bintang Toedjoe Pulomas, PT Komatsu Indonesia, PT Indonesia Power, PT FSCM Manufacturing, PT Frisian Flag Indonesia – Plant Pasar Rebo, PT BASF Indonesia, dan PT Actavis Indonesia.

 

Kabid Penegakan Hukum Lingkungan DKI, Mudarisin mengatakan pemberian penghargaan ini dilaksanakan sebagai implementasi dari UU No. 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan LH. “Pasal 63 ayat (2) huruf q : Dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Pemprov bertugas dan berwenang memberi pendidikan, pelatihan, pembinaan dan penghargaan,” ujar Mudarisin.

 

Pasal 42 ayat 1 dan 2 : Dalam rangka melestarikan fungsi lingkungan hidup, pemerintah dan pemda wajib mengembangkan dan menerapkan instrumen ekonomi lingkungan hidup meliputi salah satunya adalah insentif dan/ atau disinsentif.

 

Secara terpisah, Wapresdir PT Toyota Montor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono menyatakan penghargaan yang diterima dari Gubernur menjadi pemicu bagi perusahaannya untuk terus berinovasi dalam menciptakan sebuah teknologi yang ramah lingkungan.

 

“Kami selalu berusaha memenuhi standar regulasi” ujarnya. Toyota akan berupaya memperbaiki terus-di bidang pelestarian LH seperti penghematan energi, pemanfaatan air hujan, dan pemilahan sampah. Kegiatan ini diharapkan berdampak positif bagi sekitar dan bagi upaya pelestarian lingkungan hidup.

 

“Dalam pelestarian lingkungan, Toyota memiliki program Toyota Forest dengan mendedikasikan lahan seluas 15 hektare di area pabrik Karawang untuk penghijauan. Juga menanam pohon bakau di beberapa lokasi seperti Kepulauan Seribu dan Pantai Utara Jawa,” jelasnya.

 

Selain 11 perusahaan, Basuki juga memberikan penghargaan Kawasan Dilarang Merokok kategori taat kepada 11 perusahaan dan rumah sakit. Yakni, RSIA Asih, Rumah Sakit Darmawangsa, PT  Trans Jakarta, Hotel JS Luwansa, Kempinski Residence (PT Grand Indonesia), Wisma 77, Wisma 76, Hotel Ibis Slipi, Gedung Bursa Efek Jakarta, Indofood Tower, dan Astra Daihatsu Motor Assy Plant.

 

Penghargaan Adiwiyata yang diberikan pada 9 sekolah : SMAN 42, Jakarta Timur; SMPN 129, Jakarta Utara; SMPN 85, Jakarta Selatan; SMAN 110, Jakarta Utara; SMAN 72, Jakarta Utara; SMAN 75, Jakarta Utara; SDN 06 Ciracas, Jakarta Timur, SMPN 249, Jakarta Barat; dan SMK Hangtuah 1, Jakarta Utara.

 

Penghargaan Kalpataru Tingkat Provinsi DKI kategori Pengabdi LH diberikan ke  Mardwitanti, Esti Sumarwati, dan Irwansyah. Penghargaan Kalpataru kategori Pembina LH diberikan kepada Slamet Suyono, Bintari Rarastiwi, dan Aan Rianawati. Kalpataru kategori Penyelamat LH diberikan kepada kepada satu organisasi masyarakat Paguyuban My Darling. (Lenny Tristia Tambun/JAS;

http://m.beritasatu.com/aktualitas/321412-basuki-berikan-penghargaan-lingkungan-hidup-ke-11-perusahaan.html)-FatchurR

———-

 

PT Pelni sediakaan air bersih dari air laut

Merdeka.com – PT Energy Management Indonesia (EMI) menyediaan air bersih untuk PT Pelni. Hal ini dilakukan agar setiap kapal dari PT Pelni tidak perlu beli air untuk pengadaan air bersih saat berlayar. Dirut PT EMI, Aris Yunanto mengatakan konservasi energi ini berteknologi dari Eropa, untuk mengubah air laut dan air limbah menjadi air bersih.

“Teknologi itu mengubah air laut atau air limbah jadi air bersih dan air minum untuk kapal2. Mesinnya digerakkan bersamaan dengan mesin kapal, jadi otomatis airnya langsung didapat,” kata Aris dalam di KM Kelud dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Roadmap BUMN 2015-2019, Jepara (20/11).

Untuk proyek ini, Aris mengaku total investasinya Rp 60 M. “Proyek penyediaan air bersih ini sinergi BUMN dalam tahap finalisasi. Tinggal menunggu keputusan Pelni,”. Dalam proyek ini, EMI akan membangun instalasi pengolahan air bersih di 24 kapal Pelni yang kapasitas produksinya disesuaikan ukuran dan kebutuhan kapal.

“Kita menciptakan peralatan. Jika EMI yang mengolah maka biaya produksi berkisar Rp 6 hingga Rp 8 per liter. Jika diolah sendiri oleh Pelni maka biaya produksinya mencapai Rp 10 – Rp 11 per liter,” jelasnya.

Kapasitas produksi mesin pengolahan air bersih ini mencapai 100 liter M3/hari untuk kapal berbobot 100 ton, kapal berbobot 200 ton kapasitas pengolahan air mencapai 200 liter kubik per hari. Dengan instalasi mesin pengolahan air tersebut, maka Pelni bisa lebih menghemat anggaran 30%.

Aris menambahkan, proyek penyediaan air bersih ini merupakan bagian dari rencana pengembangan investasi tahun 2016. (BIM; http://www.merdeka.com/uang/pelni-gandeng-pt-emi-sediakan-air-bersih-untuk-kapal-dari-laut.html)-FatchurR

—————

 

Manado bersihkan pantai-masuk MURI

Manado – Ribuan warga dari Ibu2 Bhayangkari, Polda Sulut, anggota TNI, Karyawan swasta, PNS dan masyarakat nelayan melakukan bersih pantai, termasuk Taman Laut Bunaken, Pulau Siladen dan teluk Manado yang sangat kotor saat ini.

 

Bersih Pantai dalam rangka HUT ke-63 Gerak Bhayangkari ini berlangsung 21/11 pagi hingga petang. Menurut Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung disela bersih pantai di teluk Manado, yang juga masuk Rekor Muri karena terbanyak dalam membersihkan pantai dan teluk Manado ini, tujuannya karena kepedulian Polda dan jajarannya serta Ibu-ibu Bhayangkari.

 

Pantai Manado, Taman Laut Bunakan, Pulau Silatan itu baik untuk wisatawan namun kotor saat ini. ”Kami peduli, karena itu kami melakukan pembersihan,”Kata Kapolda. Pembersihan Pantai ini, jadi penting karena akan membantu daerah Sulut khususnya Manado dalam menunjang pariwisata. Kalau pantai, atau Taman Laut Bunaken Kotor itu jelas wisatawan tidak akan datang.

 

Ketua Panitia Pelaksana Nining Iryansyah mengatakan program ini masuk Rekor Muri. Program ini, akan dilakukan tiap tahun karena penting bersih pantai dan Taman Laut Bunaken. Kadispar Sulut Joy Korah kepada SP disela-sela bersih pantai Manado mengatakan :

 

Sangat baik program bersih pantai ini. Karena banyak wisatawan akan datang kalau pantai bersih termasuk Taman Laut Bunaken. Kini banyak sampah di Taman Laut Bunakan. Karena terbawa air sungai dari Teluk Manado. Ini berbahaya kalau tidak dibersihkan. (Fanny Waworundeng/LES; Suara Pembaruan dan http://m.beritasatu.com/nasional/323796-masuk-rekor-muri-ribuan-orang-bersihkan-pantai-manado.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita