logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Bahan Pembuat Kertas(2/2)

(rumahulin.com)- Tambahan untuk membuat Kertas

pabrik kertas lecesAda 4 tambahan yang biasa digunakan untuk bahan pembuat kertas. Pertama dan terutama air bersih dan bahan2 kimia yang berperan beda2.Tak semua bahan2 kimia ini digunakan, tetapi tergantung dari jenis kertas yang nantinya akan diproduksi. Berikut 6tambahan dalam bahan pembuat kertas:

 

1-Air, air perlu untuk pelarut dan pencuci. Biasanya air yang digunakan dalam proses pembuatan kertas sangat banyak, sehingga kebanyakan pabrik kertas berlokasi dekat dengan sumber air besih.

2-Bahan pemutih, bahan ini agar kertas putih bersih, karena bahan baku kertas tak berwarna. Pemutih yang biasanya digunakan adalah hidrogen peroksid, natrium peroksid, natrium bisulfat, kalium bisulfat.

 

3-Bahan penghancur kayu, ini untuk menghancurkan kayu dengan cara reaksi kimia. Bahan penghancur kayu yang biasanya asam > asam sulfat dan alkali > sodium hidroksid.

4-Bahan pewarna, bahan ini diperlukan apabila yang dibuat adalah kertas berwarna.

 

5-Bahan pengisi, bahan pengisi digunakan untuk menutup lubang2 halus yang ada di permukaan kertas. Menutup lubang2 halus ini agar kertas yang dihasilkan rata dan halus. Contoh bahan2nya : Kaolin, tanah diatomea, gips dan kapur magnesit.

6-Bahan perekat, digunakan untuk mengikat serat atau selulosa kayu agar lebih kokoh dan kuat. Yang biasa digunakan adalah perekat apus, perekat hewani dan perekat tepung kanji.

 

Kertas yang mulai ketinggalan Jaman

Walau perkembangan teknologi terus maju, yang membuat sebagian orang menulis atau menggambar lewat media digital. Tapi, tidak sedikit orang bertahan menggunakan kertas untuk kegiatan sehari-hari.

Contoh kertas bungkus untuk semen atau kertas lilin. Kertas tisu untuk makan, muka, dan toilet.  Kertas untuk buku cetak berbagai ukuran. Kertas tulis seperti HVS dengan ber-macam2 ukuran dan ketebalan.

 

Berbagai kerajinan tangan ada yang menggunakan kertas dalam jumlah banyak, seperti kertas origami. Banyaknya manfaat yang bisa digunakan dari kertas membuat bahan ini masih eksis hingga sekarang.

 

Tapi, perusahaan2 besar sudah meninggalkan kertas. Selain tidak ekonomis, kertas tidak efisien berbeda dengan media2 digital yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan bisnis. Ini menyebabkan banyak perusahaan percetakan yang gulung tikar atau beralih kemedia digital.

 

Banyaknya perusahaan atau orang2 meninggalkan media kertas itu bagus untuk pertumbuhan hutan. Karena pembuatan kertas berjumlah banyak mengakibatkan pengundulan hutan sebagai bahan kertas.

 

Perlunya Reboisasi

Tanpa disadari, boros kertas membantu laju pengurangan hutan. Tiap 15 rim kertas A4 perlu sekitar 1 pohon. Setiap 700 eks lembar koran yang dibaca tiap hari butuh 10-17 pohon. Dalam sehari berapa juta lembar kertas dibutuhkan orang Indonesia. Artinya jutaan pohon hutan harus ditebang memenuhi keperluan kertas orang indonesia.

 

Belum ditambah dengan keperluan bahan bangunan serta furniture, bahkan jika terjadi kebaran hutan. Ketersediaan hutan sebagai penghasil Oksigen akan habis dalam waktu dekat.

 

Perlu reboisasi menanggulangi bencana alam harus segera dilakukan. Karena reboisasi membutuhkan waktu lama agar bisa kembali membantu kehidupan manusia.

 

Selain reboisasi, perlu mengurangi pemakaian kertas di kehidupan se-hari2 juga membantu pencegahan penipisan hutan. Sehingga pohon bahan pembuat kertas bisa tetap terjaga karena kurangnya produksi kertas. (Yusuf Arief1; Bahan dari : https://rumahulin.com/bahan-pembuat-kertas/)-FatchurR * Tamat……….

One Response to Bahan Pembuat Kertas(2/2)

  • Kertas tetap jd kebutuhan baik sektor industri maupun pendidikan, jg perkantoran swasta dan pemerintah, walau mmg sdh jauh berkurang. Pergeseran ini berdampak adanya hutan/lahan yg bisa ditanami dg kebutuhan yg lbh urgen, yaitu bh mknan/buah dll.
    Tdk menduga jk pembuatan kertas perlu seabrek bh tambahan berbagai mcm buat kenyamanan end usernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita