logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Bahan Pembuat Kertas(1/2)

pohon bahan baku kertas(rumahulin.com)- Kertas biasa dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak, dan melukis. Pada umumnya, yang orang tahu bahan pembuat kertas adalah kayu. Tapi, tahukah Anda jenis kayu apa saja yang digunakan?

 

kertas juga membuat dunia tulis menulis jadi lebih mudah. Sebelum ditemukan kertas, bangsa2 dahulu menggunakan papan dari tanah lempung yang dibakar untuk menulis. Atau bisa dilihat dari prasasti batu, kayu, bambu, kulit, tulang binatang, sutra, daun lontar untuk media menulis mereka.

 

Sejarah Kertas

Kertas ditemukan Ts’ai Lun, Ts’ai Lun lahir sekitar tahun 50M di Guiyang yang kini jadi provinsi Hunan. Ia gunakan bahan pembuat kertas dari kulit kayu murbei. Proses pembuatan kertas pertama oleh Ts’ai Lun dengan cara bagian dalam kayu murbei direndam ke air. Kemudian di-pukul2 hingga seratnya lepas.

 

Setelah seratnya lepas, rendam kembali bersama kulit binatang, bahan rami, kain bekas dan jala ikan. Setelah rendaman jadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan di jemur. Jadilah kertas pertama kali.

 

Catatan penemuan kertas oleh Ts’ai Lun terdapat di penulisan resmi Sejarah Dinasti Han. Di tulis pada sejarah, bahwa tahun 105 masehi Ts’ai Lun mempersembahkan contoh kertas pada Kaisar Han Hedi.

 

Jenis Kayu untuk membuat Kertas

Jenis kayu pembuat kertas umumnya terbagi 2, kayu lunak dan kayu keras. Kayu lunak adalah kayu dari tumbuhan jenis konifer, contohnya pohon pinus. Kayu keras itu kayu dari tumbuhan yang daunnya selalu gugur setiap tahun, contohnya pohon jati.

 

Kayu lunak memiliki kekerasan dan panjang lebih besar digunakan untuk bahan yang memberi kekuatan pada kertas. Kayu keras lebih kompak dan halus sehingga menghasilkan permukaan kertas yang halus.

 

Kayu keras lebih mudah diputihkan karena mengandung lignin lebih sedikit sehingga warnanya lebih terang. Kertas biasanya tersusun dari campuran kayu lunak dan kayu keras agar jadi bahan pembuat kertas yang baik. Jenis kayu yang sering digunakan untuk bahan pembuat kertas biasanya mengandung komponen2, seperti:

 

*Selulosa, tersusun dari molekul glukosa rantai lurus dan panjang. Komponen ini paling disukai dalam pembuatan kertas karena kuat dan panjang.

*Hemiselulosa, tersusun dari glukosa rantai pendek dan bercabang. Komponen ini lebih mudah larut dalam air dan biasanya akan hilang dalam proses pulping.

 

* Lignin, jaringan polimer fenolik tiga dimensi yang berfungsi merekatkan serat selulosa jadi kaku. Pulping kimia dan proses pemutihan menghilangkan lignin tanpa mengurangi serat selulosa

*Ektraktif meliputi hormon tumbuhan, resin, asam lemak dan unsur lain. Komponen ini beracun untuk kehidupan dalam air.

 

Jenis Kayu untuk membuat Kertas berasal dari pohon

Kayu2 yang digunakan sebagai bahan pembuat kertas biasanya berasal pohon papyrus, mulberry dan pinus. Selain dari pohon, kertas juga bisa terbuat dari bambu dan kulit binatang.

 

Bangsa Asia (China, Korea dan Jepang) membuat kertas dari batang pohon bambu. Bahan ini pembuat kertas yang mudah didapat karena iklim dan daerah tempat yang baik untuk bambu. Selain bambu digunakan karena mudah didapat, harga bambu lebih murah.

 

Kulit binatang  digunakan beberapa kalangan sebagai bahan pembuat kertas, kulit yang biasa digunakan jenis kulit domba. Kulit domba dipilih karena lebih mudah di dapat daripada kulit dari hewan lain.  (Yusuf Arief1; Bahan dari : https://rumahulin.com/bahan-pembuat-kertas/)-FatchurR *

2 Responses to Bahan Pembuat Kertas(1/2)

  • Harry Reksosamudrasamkekj says:

    Peradaban China dg jumlah penduduk terbesarnya, selalu berorientasi kpd pimpinan tertinggi, yakni Kaisar.
    Segala temuan dlm bidang apapun dipersembahkan kpd kaisar, setlh ditangannya mk segala langkah berikutnya hrs pihak kekaisaran yg bisa mengolah maupun melakukan kegiatan berkenaan dg temuan tsb.
    Contoh yg plg jelas hal ramuan obat, dmn yg dimiliki kekaisaran beda dg yg beredar diluaran, ternyata resep milik kekaisaran lbh manjur dr yg umum.
    Demikian pula dg ilmu silat yg umumnya ada dikalangan komunitas keagamaan, mk pimpinan sekte memiliki ilmu yg komplit drpd murid2 dibawahnya.
    Mungkin hal ini yg menyebabkan pihak Barat lbh unggul, tp belakangan setelah Deng Xiau Ping menjadi Presiden yg melakukan reformasi total, kemajuan dlm bidang apapun mrk lbh unggul dr dunia Barat.
    Oleh sebab itu, etos kepemimpinan yg transparan berpengaruh signifikan atas organisasi maupun kelompok bangsanya.

  • Fatkhurr says:

    Untungnya kini penggunaan kertas berkurang karena kemajuan digital. Kalau tidak maka Hutan kayu akan terus berkurang untuk membuat kertas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita