logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

BISUL DI DUBUR-1

Bisul duburSaya mau nanya, karena saya sering bisulan atau udun didubur, sekarang kumat lagi, sekarang masih kecil, kata dokter besuk saya mesti operasi, katanya kalau ndak operasi nanti saluran fistelnya bisa menjalar ketempat lain, trus saya tanya apa ndak bisa diobatin aja ?

Katanya ndak bisa. Tidak bisa operasi lokal, operasi sedang. Jadi seperti kalau operasi Caesar dan biayanya ± 8 juta. Apa yang mesti saya putusin ? Makasih atas saran2nya dan bantuannya. Demikianlah email dari seorang alumni yang beken dan sangat besar kontribusiya bagi IAMDP.

Beberapa komentar dari sahabat lainnya diantaranya : Beberapa waktu kita pernah berbincang mengenai udun yang anda derita yang selalu kumat-2 an dan saya cerita juga pengalaman saya ketika SMP sekitar tahun 67an. Begitu udun,  selalu kumat dan pindah tempat  dan akhirnya di belek /oprasi kecil saya sampai jerit-2 karena kesakitan.

Mungkin biusnya sedikit (di belah bagian bokong yang ada udun sebesar lepek) oleh dr Kang di Pajarakan (saya tinggal di kraksaan) diambil matanya dan setelah itu sembuh total. Sebelum operasi tiap udun itu meletus, matanya keluar tapi gak bersih/gak tuntas jadi beberapa bulan timbul lagi di tempat lain.

Aku rasa memang harus di operasi tapi rasanya / biasanya operasi kecil. Gak perlu masuk kamar operasi, tapi sebaiknya dr yang lebih tahu, teman kita angkatan 69 ada yang jadi dr specialis Bedah  namanya dr FS.

Selanjutnya email yang lain :  Nama penyakit pak XXX ini kira2 fistula ani, terbentuknya saluran kecil abnormal dari saluran anus (anal canal) ke permukaan kulit di sekitar lubang anus. Saluran ini sangat mudah infeksi, menjadi bisul ataupun abses.

Terapinya:

(a)       Antiotika, bersifat sementara menghilangkan bisul, tidak menghilangkan fistel.

(b)       Pasang drain, juga sementara.

(c)           Operasi: harus hati2 karena bisa mencederai sphincter (otot di ujung anus yg berfungsi menahan keluarnya tinja), sangat jarang terjadi, tapi kalau terjadi maka tinja bisa merembes sendiri tak bisa dikontrol yang disebut inkontinens.

(d)        Fibrin glue injection: suntikan biodegradable glue (sejenis lem) ke dalam fistel. Tingkat kesembuhan lebih kecil daripada operasi, tapi resiko inkontinens kecil. Baik dicoba, kalo gagal baru dioperasi.

(e)           Fistula plug (penyumbat fistel) dengan “plug” terbuat dari porcine small intestine submucosa (sterile, biodegradable). Tingkat kesembuhan  80%.

(f)           Endorectal advancement flap. Lobang pangkal fistel ditutup dengan “flap”. Flap dibuat dari bagian dalam anus sekitar fistel, diiris / dipotong  jadi lembaran untuk menutup fistel.

Saran saya, hubungi ahli bedah (Ben)

4 Responses to BISUL DI DUBUR-1

  • doel says:

    sepertinya saya mengalami yg seperti ini.., kebetulan saya sedang didaerah terpencil… apa yg sebaiknya saya lakukan… saya sudah mencoba memencetnya sendiri, tetaapi tidak pecah2 seperti sebelumnya bisa pecah… tolong sarannya… tks

  • alumni540621 says:

    saya dulu sering mengalami udunan, ternyata karena dubur tidak bersih. kalau terasa gatal sedikit, lebih baik cepat dibersihkan, bisa pakai tissue, setelah itu oles dengan salep geramicyn ( antibiotik ). Atau kalau masih kecil masih bisa dioles dengan geramicyn, niscaya udunan tidak jadi. yang perlu diingat kalau abis buang angin, lebih baik diperiksa untuk dibersihkan agar tidak infeksi.
    Kalau udah besar, oles dengan bubuk telor katak, atau salep hitam banyak diapotik. biar cepat meletus.

  • sidharta krisnamurti says:

    Bagi mereka yang sering udunan, perlu juga diperhatikan makanan yang dimakan. Karena, penyebab udunan dapat disebabkan oleh faktor alergi terhadap makanan tertentu, misalnya putih telur, buah2-an dll.

  • Panggih Budi Prasojo says:

    Dear IAMDP, saya mau kirim gambar untuk penyakit yang saya derita, mungkin ada tanggapan dan informasi yang sangat bermanfaat sebelum saya memutuskan sesuatu untuk mengobati bisul saya, “kira kira 3bulan lalu saya mengalami nyeri dan sakit di dubur saya…saya sempat kepikiran ini adalah tumor atau kanker anus,dalam kekuatiran saya, saya coba lihat dan photo dengan kamera kondisi anus saya,dan saya dapati gambar seperti keadaan bisul, akhirnya saya oles bawang putih dan manjur, karna pecah dan hilang rasa nyeri, saya pikir sudah selesai ternyata masih ada lagi, akhirnya saya oles lagi dan pecah untuk bisul yang ke 2 dan ke 3, tapi berdasarkan photo yang saya dapat, dibagian bawah anus saya terdapat benjolan kecil yang menyerupai kulit anus, saya tidak paham untuk gambar ini, karna itu saya mohon informasi dan tanggapan dari IAMDP apabila bersedia menerima gambar saya dan memberi tanggapan saya sangat berterima kasih, demikian hal ini saya sampaikan, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita