logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Yoga membuat otak awet muda

YogaKOMPAS.com – Lebih dari 90% orang melakukan yoga untuk latihan fisik, perbaikan kesehatan atau manajemen stres. Namun setelah lama beryoga, alasan utama beryoga bakal berubah. 

 

Sebuah studi menemukan dua pertiga yogi dan 85 persen guru yoga mengalami perubahan alasan hati memilih berlatih yoga. Alasan tersering adalah perubahan spiritualitas atau aktualisasi diri dan rasa pemenuhan potensi mereka.

 

Pasalnya, latihan yoga tak hanya mengajarkan pose fisik tetapi juga refleksi diri, praktik kebaikan serta kasih sayang, dan pertumbuhan terus menerus kesadaran terhadap diri sendiri dan orang lain.

Namun manfaat kesehatan juga sangat nyata setelah berlatih yoga. Memang latihan yoga dapat meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki keseimbangan dan menurunkan Kolesterol.

 

Sebuah ulasan di European Journal of Preventive Cardiology membuktikan yoga menurunkan risiko penyakit jantung sebaik olahraga konvensional. Secara rata-rata peserta yoga mengalami penurunan berat badan sekitar 2,5 kg, penurunan tekanan darah dan penurunan Kolesterol jahat sampai 12 poin.

 

Banyak pula riset membuktikan yoga mengatasi nyeri kronis, kelelahan, obesitas, asma, irritable bowel syndrome, penurunan berat badan dan lain-lain.

 

Marlynn Wei, seorang psikiatris dan terapis dari New York City tertarik akan manfaat yoga untuk otak. Menurutnya, sudah lama dikenal mengurangi depresi, stres dan kecemasan, yoga ternyata juga mengubah otak manusia. Tak sedikit dokter dan ilmuwan yang terkejut mendapati hal tersebut.

 

Sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Frontiers menggunakan MRI (magnetic resonance imaging) di otak untuk menunjukkan yoga melindungi otak dari penurunan volume otak materi abu-abu ketika kita bertambah tua.

 

Pelaku yoga ternyata memiliki volume otak setara dengan orang yang lebih muda.

Penemuan ini juga didapatkan pada studi pencitraan otak orang-orang yang bermeditasi. Dengan kata lain, yoga dapat melindungi otak dari pengerutan ketika kita bertambah tua.

Lebih menarik lagi, proteksi volume otak materi abu-abu ini sebagian besar terjadi di belahan otak kiri, sisi otak yang terkait dengan emosi positif, pengalaman-pengalaman dan aktivitas sistem saraf parasimpatetik, alias sistem relaksasi kita.

 

Emosi seperti rasa bahagia ini, secara ekslusif memiliki lebih banyak aktivitas di belahan otak kiri ketika otak dipindai. (Dorothea; Bestari Kumala dewi; Psychologi today; dan http://health.kompas.com/read/2015/07/02/1345003/Yoga.Terbukti.Bikin.Otak.Awet.Muda)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita