logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Yang Stroke Ringan disarankan Segera Minum Aspirin

stroke ringan minum aspirin(bbc.com/indonesia)- Peneliti mengatakan, orang2 harus mempertimbangkan segera meminum aspirin setelah terkena serangan stroke ringan untuk mencegah atau menekan bahaya lanjutan yang disebabkan oleh stroke.

 

Ilmuwan2 Universitas Oxford, Inggris mengatakan meski dokter2 menyarankan meminum obat itu, namun manfaat dari mengkonsuminya lebih awal “sangat diremehkan” dan kadang2 penanganannya terlambat. Saat menulis di jurnal kesehatan Lancet, peneliti2 menyerukan pengobatan beserta pedoman yang lebih jelas untuk masyarakat.

 

National Health Service (NHS) atau Badan Kesehatan Nasional Inggris menyatakan mempertimbangkan hasil temuan dalam penelitian itu dengan cermat. Stroke ringan dan TIA (serangan iskemik transien atau mini-stroke) terjadi saat ada gangguan aliran darah ke otak, yang menyebabkan kelemahan pada tungkai atau sejumlah masalah saat berbicara atau pandangan mata.

 

Waktu

Gejala2 itu biasanya hilang dalam beberapa hari. Namun peluang terkena memiliki stroke berat, dengan gejala-gejala yang lebih permanen lebih tinggi pada hari-hari setelah serangan stroke ringan terjadi.

Penelitian sebelumnya telah menyebutkan bahwa aspirin berperan dalam mengurangi gejala-gejala tersebut, terutama dalam jangka panjang.

 

Namun tim ilmuwan mengatakan temuan mereka menunjukkan sebagian besar manfaat tersebut berada pada jam-jam penting pertama dan hari-hari setelah stroke ringan atau TIA.

 

Mereka memperkirakan meminum aspirin lebih awal bisa mengurangi risiko mengalami stroke berat, dengan perbandingan yang tadinya satu diantara 100 orang, menjadi satu dari 20 orang per hari.

Pimpinan penelitian Prof Peter Rothwell mengatakan manfaat dari terapi meminum aspirin segera “sangat diremehkan”.

 

Dia menambahkan, “Kita perlu mendorong orang-orang, jika mereka pikir bahwa mereka telah memiliki beberapa gejala neurologis yang mungkin menyebabkan stroke ringan atau TIA, meminum aspirin segera, sama idealnya dengan meminta pertolongan medis.”

 

Penjelasan Tentang Stroke

Menurut Peneliti, pasien2 yang terkena stroke ringan bukan hanya diminta pulang dari UGD dengan anjuran menambahkan aspirin. Namun mereka juga menyerukan pelayanan medis – termasuk tenaga perawat dan layanan bantuan NHS – untuk merekomendasikan obat sesegera mungkin jika mereka mencurigai ada pasien yang terserang mini-stroke / TIA.

 

Tim mengkaji data dari 15 tes, (dari ribuan) orang yang minum aspirin segera setelah serangan stroke atau sebagai pengobatan jangka panjang, mencegah serangan stroke ke-2x nya. Dr Dale Webb, dari badan amal Stroke Association, menggambarkan uji coba itu sebuah perkembangan yang menarik.

 

” Namun, penting dicatat minum aspirin bukan alternatif untuk minta pertolongan medis. Yang merasa mereka terkena mini-stroke / TIA harus ke UGD (RS) sesegera mungkin. “Temuan ini menunjukkan siapa pun yang bergejala stroke, lalu merasa semakin parah saat menunggu penanganan medis, jika mereka mampu, bisa minum aspirin.”

 

Tony Rudd, Direktur Klinis Nasional bagian penanganan stroke di NHS Inggris, mengatakan,” Laporan ini berisi data penting yang perlu dipertimbangkan dengan cermat dan jika diperlukan, perubahan yang sesuai dibuat pedoman untuk mengelola stroke akut dan serangan iskemik transien. ”

 

Para ahli kesehatan menyarankan aspirin tidak boleh diminum tanpa anjuran medis jika terjadi gangguan perdarahan atau pembengkakan dan harus dipertimbangkan hati2 jika seseorang memiliki asma, misalnya. Pedoman2 baru penanganan stroke untuk dokter2 akan dikeluarkan. (https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/05/160519_majalah_kesehatan_aspirin_stroke_ringan; Bahan dari :)-FatchurR *

3 Responses to Yang Stroke Ringan disarankan Segera Minum Aspirin

  • Sy paling menaruh perhatian thd kesehatan yg dulu jadoel sblm ada internet dg hp, referensi sy cari dikoran, malah sp promosi supplement dibaca yg terkadang ada berita hal tehnis detailnya shg sedikit pengetahuan kerja supplement nya. Sekitar th 2000 an ada anjuran yg disponsori PT Bayer Jerman, agar mengkonsumsi aspirin buat mencegah koroner, sy ikuti minum per hari 1 gr (dosis tinggi) yg berjalan sekian tahun akhirnya sampai stok aspirin 1 gr dipasaran kosong, jd sy jg berhenti minum.

  • Fatkhurr says:

    Beda dengan saya, setelah sempah DM agak parah, pendekatan yang saya pakai cara tindakan pencegahan. Jadi keseharian saya berupaya mpreventifkesehatan preventif

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Itu bukan preventif Cak, lha maling sdh msk rmh bagaimana dibilang jaga2 ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita