Waspadai penyakit MERS

Mengenal-Penyakit-MERSWaspada virus MERS sudah masuk Surabaya dan Bali. Yang pertama diserang adalah sistem kekebalan tubuh. Timbul gejala seperti: batuk, demam, dan sesak napas.  Masa inkubasi 10-14 hari. Jika imun tubuh menurun, virus menyerang organ hati & ginjal.

 

Urine berwarna keruh seperti teh. Menjadi mudah lelah. Penderita harus diisolasi dan segera dirawat. Sampai saat ini belum ada vaksin MERS dan penderita bisa meninggal. Pencegahannya  dengan konsumsi vitamin, terutama Vit C dan olah raga.

 

(*) Hindari kerumunan orang banyak berbatuk2.

(*) Bila perlu pakai masker

(*) Cukup vit dan istirahat

 

(Sumber: Jawa Pos 1 Mei 2014 MERS = Middle East Respiratory Syndrome, Flu Arab)-Heddy Pehler

Mengenal-Penyakit-MERS-2Biar lebih afdol, saya lanjutkan sajian tentang MERS, dari sumber yang berbeda

 

girls.kidnesia.com  – Girls, penyakit yang kini sering diberitakan adalah MERS. Untuk menjaga kewaspadaan, yuk mengenal penyakit ini. MERS disebabkan oleh virus yang disebut korona virus, yang masih satu kelompok dengan virus SARS.

 

Gejala penyakit ini mirip dengan flu, yakni demam, batuk, dan sesak napas. Namun, virus ini akan menyerang hebat jika menginfeksi saluran pernapasan. Indonesia termasuk negara yang paling rentan terjangkit Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS).

 

Penyakit pertama kali ditemukan di Arab Saudi (2012) ini menginfeksi 495 orang di 12 negara dan lebih dari 100 orang meninggal dunia.  Meski penularan virus korona terjadi antar manusia, menurut Health Protection Agency, penularannya terbatas. Jika penularannya mudah, jumlah kasusnya akan lebih besar.

“Jika si A terinfeksi, ia bisa menularkan MERS kepada si B, tetapi si B tidak bisa dengan mudah menularkannya ke orang lain, misalnya ke C. Ini disebut juga dengan penularan tertiary ,” kata Dr Michael Osterholm dari Pusat Penelitian Penyakit Menular Universitas Minnesota.

Penularan terjadi pada yang kontak dekat. Misal dari pasien-petugas kesehatan. Inkubasi penyakit ini ±7 hari.  Walau demikian, petugas kesehatan yang menangani pasien MERS harus mendapat perlindungan maksimal. Pasien harus berada di ruang isolasi dan petugas wajib menggunakan pakaian khusus.

Menurut WHO, virus korona termasuk rapuh karena ia hanya bisa bertahan di luar tubuh selama 24 jam. Virus ini juga gampang dibunuh dengan sabun antibakteri.

Biasakan untuk selalu cuci tangan dengan sabun saat berada di ruang terbuka dan gunakan masker untuk menghindari percikan ludah. (Sumber: kompas.com/ Lusia Kus Anna ; Editor: DT/GIRLS. Foto: bbc.co.uk ; dan http://girls.kidnesia.com/Girls/Cerdas/Berbagi-Pengetahuan/Mengenal-Penyakit-MERS)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita