logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Waspadai dehidrasi saat perjalanan panjang

JAKARTA, KOMPAS.com-Tak sedikit Pemudik  atau waktu lain yang pulang kampung mengendarai sepeda motor. Mudik atau perjalanan jauh dengan sepeda motor sebenarnya tidak disarankan. Apalagi, jika motor ditumpangi lebih dari 2 orang dan bawa muatan banyak.

Selain harus memerhatikan keamanan saat berkendara, Pemudik dengan sepeda motor harus menjaga kesehatan. Risiko dehidrasi mengintai pengendara sepeda motor yang berpuasa dalam perjalanan jauh.

“Pemudik yang menggunakan sepeda motor, ancaman defisiensi elektrolit menjadi lebih besar,” ujar dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawita Sari saat ditemui pekan lalu.
Ancaman dehidrasi terjadi ketika harus berkendara di bawah terik matahari. Ditambah lagi situasi macet yang membuat perjalanan menjadi lebih lama.

Untuk itu,  Pemudik yang berpuasa untuk minum sedikitnya dua gelas air putih saat sahur. Hindari makanan asin atau mengandung garam tinggi saat sahur (ikan asin, telur asin). Makanan tinggi garam membuat Anda mudah merasa haus dan berujung dehidrasi. Saat berbuka puasa, kembali minum air putih memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain air putih, juga mengosumsi air kelapa yang kaya elektrolit.

“Minum air kelapa satu gelas saja sudah terpenuhi (kebutuhan cairan). Minum pas buka Puasa saja,” jelas Tirta. Menurut Tirta, dehidrasi tak bisa dianggap sepele.

 

Dehidrasi parah bisa menggangu kesehatan ginjal, jantung, hingga mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan baik. (Dian mahararani; Bestari Kumala Dewi; http://health.kompas.com/read/2015/07/12/113000123/Waspadai.Dehidrasi.Jika.Mudik.dengan.Sepeda.Motor)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita