logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Waspada Bakteri Pembersih Kuman bisa bikin anak kelebihan berat badan

desinfektan rumah tangga (lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Pembersih pembasmi kuman/desinfektan rumah tangga lain yang biasa digunakan dapat membuat anak2 kelebihan berat badan karena bakteri yang ditemukan di usus mereka.

Kandungan desinfektan mampu mengubah bakteri lachnospiraceae dalam usus anak sehingga membuat mereka kelebihan berat badan. Temuan ini hasil penelitian yang diterbitkan Canadian Association Association Journal.

Dilansir CNN, anak yang tinggal di rumah dengan penggunaan desinfektan antimikroba, setidaknya 2x  dalam seminggu memiliki tingkat bakteri lachnospiraceae yang lebih tinggi pada anak usia 3-4 bulan dibandingkan anak yang rumahnya tidak menggunakan disinfektan.

Selain itu, anak usia (3) dengan lachnospiraceae lebih tinggi juga memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tinggal di rumah tanpa disinfektan.

“Bakteri Lachnospiraceae itu komponen normal mikrobiota usus kita. Dari penelitian pada hewan, kadar lachnospiraceae yang lebih tinggi dikaitkan dengan lemak tubuh yang lebih tinggi dan resistensi insulin,” kata Anita Kozyrskyj penulis senior studi itu dan profesor pediatri Universitas Alberta dalam podcast CMAJ.

Penelitian ini pakai data dari Canadian Healthy Infant Longitudinal Development dimulai (2009). Peneliti aktif mengikuti responden dari mereka tumbuh dan berkembang dari pertengahan kehamilan hingga masa kanak2 dan remaja. Ketika anak berusia (3-4), orang tua mereka memberi sampel kotoran untuk setiap bayi dan menjawab pertanyaan tentang rumah mereka.

“Sampel dari 757 bayi diprofilkan dan dianalisis bersama data BMI dan produk disinfektan yang digunakan orang tua. Ditemukan, sekitar 80% rumah tangga Kanada menggunakan produk disinfektan, paling sering pembersih pembersih lantai, setidaknya 1x seminggu,” jelas Kozyrskyj.

 

Juga, ditemukan peningkatan jumlah bakteri lachnospiraceae di rumah yang menggunakan disinfektan. Peneliti tidak melihat hubungan yang sama dengan deterjen tanpa bahan pembasmi bakteri yang ditemukan di desinfektan atau pembersih ramah lingkungan.

“Hasil ini menunjukkan bahwa mikrobiota usus adalah penyebab dalam hubungan antara penggunaan disinfektan dan kelebihan berat badan,” kata Kozyrskyj.

Penelitian sebelumnya telah menarik hubungan antara komposisi mikrobiota usus dan berat badan di masa dewasa. Karena hasilnya belum dikonfirmasi, Kozyrskyj belum siap merekomendasikan konsumen beli produk ramah lingkungan. (tdy; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1351367/155/waspada-bakteri-pembersih-kuman-bisa-bikin-anak-kelebihan-berat-badan-1541144977)-FatchurR *

One Response to Waspada Bakteri Pembersih Kuman bisa bikin anak kelebihan berat badan

  • Harry Reksosamudra says:

    Penelitian ini agar dijadikan renungan bg mrk yg punya anak kecil jg mencari tahu, dg kelebihan berat badan itu.
    Umumnya balita tumbuh subur jd idaman ortu, tp ini akibat dr zat kimia anti mikroba, tdk dilaporkan hal kesehatannya jk dibanding balita seusianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita