Warisan jadi Perokok

anak merokokKata beberapa pasien yang sulit disuruh berhenti merokok?. ” Dok, simbah saya perokok berat, tapi hidupnya bisa sampai 90 lebih? apa rokok masih disalahkan sebagai sebab kematian?” Pertanyaan itu sama halnya seperti pertanyaan anak TK ke gurunya? “Bu, boleh tidak aku ngerokok, ayah dirumah ngerokok, kayanya enak banget, walau keliatannya bapak suka batuk2 dan sesak nafas”

Sebagai perokok apakah ingin melihat anak anda kelak jadi perokok? anda yakin akan mewarisi usia kakek yang dapat mencapai 90-100 tahun. Mungkinkah ? Pendahulu kita punya kebiasaan gaya hidup yang beda jauh dengan kita.

Perhatikan beda mendasar antara kehidupan kakek dan kita dimasa kini:
1. Orang sekarang bepergian naik motor-mobil-angkutan umum. Orang dulu berjalan kaki dan bersepeda. Jelas kekuatan dan ketahanan fisik orang jaman dulu lbh bagus dari kita masa kini.
2. Orang sekarang banyak makan fast food yg mengandung gula dan garam tinggi, pengawet, dll. Orang dulu banyak konsumsi sayuran alami. Jelas sumber makanan yang bersifat toksik dan karsinogenik lbh banyak yang diserap tubuh kita.
3. Sayuran jaman ini sudah terkontaminasi pestisida. Sayuran jaman dahulu bebas pestisida.
4. Polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik hari ini sangat membahayakan kesehatan. Jaman dulu udara masih bebas dari polusi karena jumlah kendaraan bermotor dan pabrik sedikit.
5. Jaman sekarang banyak orang stress pada permasalahan kehidupan dan pekerjaan. Orang jaman dulu lbh santai, dan seolah tidak dikejar-kejar tuntutan materi, yang penting makan ga makan asal kumpul.
6. Tuntutan hidup membuat orang kerja keras tak kenal lelah, kerja lembur tak kenal waktu hingga kurang tidur (istirahat), sementara orang dulu kerja diladang dan jika waktunya istirahat mereka kembali ke rumah.
7. Polusi air dan tanah akibat limbah pabrik dan sampah rumah tangga yang memenuhi sungai dan bumi kita. Bandingkan dengan sungai jaman dahulu yg begitu bersih dan sumber air belum tercemari.
8. Ditemukan berbagai jenis penyakit baru dimasa kini Hiv-aids, flu burung, MERS, dll. Yang dapat menyerang kekebalan tubuh kita yang hidup dimasa sekarang.

Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. banyak perubahan yg sudah terjadi pada alam dan kebiasaan gaya hidup kita dimasa sekarang. Begitu pula berbagai jenis penyakit juga berkembang seiring dengan perubahan-perubahan tersebut.
Jangan bandingkan tingkat kekebalan tubuh manusia sekarang lebih baik dari orang jaman dahulu. Apa yang kamu makan, yang kita minum dan hirup saat ini sangat jauh berbeda dengan kebiasaan para pendahulu kita.
Itulah yang mendasari alasan kenapa rokok semakin meningkatkan berbagai faktor kemungkinan kita terserang penyakit-penyakit akibat rokok seperti penyakit jantung, penyakit gangguan saluran pernafasan, stroke, diabetes, hingga penyakit kanker.
Masihkan anda meyakini tubuh anda lebih sehat dari para sepuh anda? Jika iya silahkan lanjutkan merokok, jika sayang dan merasa tubuh anda sudah semakin lemah maka segera tanamkan kesadaran  berhenti merokok mulai dari diri anda dan lingkungan sekitar.

 

Jangan menyalahkan pabrik rokok atau penjual rokoknya. Anak anda adalah cerminan diri anda. Putus generasi merokok dengan memberikan contoh yang baik. Jadilah ayah yang hebat dengan tidak meracuni mereka dengan asap rokok yang anda hirup. (Suhirto M; bahan dari ; dr. Wahyu Triasmara (May 19 2014; https://www.facebook.com/pages/dr-Wahyu-Triasmara-Dokter-Sahabat-Anda/)-FatchurR

One Response to Warisan jadi Perokok

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Peringatan Merokok akan membunuhmu, juga tidak menurunkan perokok secara significant. Biasanya perokok, berhenti merokok, kalo sudah ada penyakit yang menggerogotinya, dan pasien tidak mau, berlama lama sakit. Jadi sakit dulu, baru kapok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita