logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Waktu Olah Raga Yang Tepat Jika Bekerja Shift Malam

Waktu Olah Raga Yang Tepat Jika Bekerja Shift Malam (health.detik.com)-JAKARTA; BEKERJA di luar waktu jam kerja pada umumnya rentan membuat kesehataan kacau. Bisa jadi, diet dan OR terbengkalai lantaran kesulitan menyesuaikan waktu.
Terutama pekerja yang bertugas shift malam alias kerja mulai malam hari hingga dini hari. Olahraga di pagi hari rasanya tidak mungkin karena tubuh lelah. Jika tidak OR, kesehatan malah terganggu.
Dikutip dari Live Strong, ada 3 waktu yang bisa disesuaikan pada jadwal menyempatkan berolahraga. Pilihlah waktu yang dirasa sesuai dan bisa berkomitmen melakukan rutin. Di luar itu, tetaplah menjaga kesehatan dengan makan teratur yang sehat dan cukup tidur.

 

Yang pertama sebelum kerja. Bekerja shift malam tak berarti kita segar sebelumnya, karena secara alamiah kerja tubuh melambat di malam hari. Jika merasa lelah, moody atau lesu, kita bisa atasi dengan berolahraga ketimbang minum segelas kopi.
“Olahraga melawan stres dan rasa cemas, meningkatkan daya tahan, konsentrasi dan fokus serta meningkatkan energi dan mood,” demikian dilaporkan situs Mayo Clinic.
Kita bisa siasati dengan ber-OR sebelum berangkat kerja, misal beraktivitas kardio seperti berenang, bersepeda, atau lari selama 30 menit. Bersepeda ke tempat kerja juga bisa jadi pilihan, lalu pertimbangkan untuk menggunakan tangga.
Waktu kedua saat bekerja. Dengan segala macam hiruk pikuk kegiatan saat bekerja, rasanya tak mungkin ber-OR saat bekerja. Belum lagi, berolahraga dini hari rasanya tidak cocok. Tapi tidak begitu, lho sebenarnya.
Kita bisa simpan dumbbell ringan, mungkin berukuran 1 kg, di kantor, untuk bisa digunakan di sela-sela waktu kerja. Push-up dan berjalan sekitaran kantor juga bisa menjadi alternatif yang baik.
Waktu ketiga usai bekerja. Rasa lelah dan ngantuk mungkin jadi alasan terbesar menghindari olahraga. Jika shift bekerjamu usai sekitar jam 6 atau 7 pagi, kita bisa ber-OR ringan seperti berjalan-jalan atau yoga 10-15 menit. Olahraga ini bisa membantumu tidur lebih nyenyak dan tanpa stres. (frp/up; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/kebugaran/d-4531776/kapan-waktu-berolahraga-yang-tepat-jika-bekerja-shift-malam)-FatchurR *

One Response to Waktu Olah Raga Yang Tepat Jika Bekerja Shift Malam

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    OR bagi pekerja aktif baik tubuh maupun pikiran, merupakan relaxasi bagi otot dan otak yg jenuh hrs konsentrasi penuh. Dg meregangkan otot yg berkerut menimbulkan sensasi tubuh berasa terlepas dr beban menjadi lega, spt juga otak yg berasa tegang panas akan menjadi dingin terlepas dari rasa tdk nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita