logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tubuh dapat menyembuhkan dirinya

tubuh sehat(dw.com/id/kemampuan-tubuh)-Mengapa ada orang yang tak mudah tertular batuk atau pilek? Mengapa ada penderita kanker yang berhasil sembuh? Ini sebagian fenomena yang terus berusaha ditemukan jawabnya oleh ilmuwan.

 

Tubuh punya kemampuan menyembuhkan diri sendiri. Para ahli kesehatan kini makin mampu mengungkap “rahasianya,” yang disebut Salutogenese (Salus = sehat; Genesis = asal mula). Dalam Salutogenese yang jadi fokus adalah kesehatan, bukan penyakit.

Contoh konkret, misal: Pasien selalu ada gangguan tidur, karena stres berat di pekerjaan/ keluarga. Solusinya ia bisa minum banyak obat, untuk dapat tidur. Tapi lebih baik jika ia tanya, kondisi apa yang dibutuhkan agar dapat tidur? Cara itu, membangkitkan kemampuan tubuh menyembuhkan diri sendiri. Karena mengatasi penyakit, orang harus gunakan kemampuan menyehatkan tubuh yang dimilikinya

Kemampuan menyembuhkan yang dimiliki tubuh bisa dibuktikan jika menderita luka. Tubuh punya kemampuan membangun dan merepasari kembali sel2 yang rusak, sehingga luka bisa mengecil dan akhirnya pulih kembali.

 

Di samping itu, kesehatan pikis juga mempengaruhi kesehatan tubuh. Jika orang mengalami stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak kortisol, dan ini menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, orang lebih mudah tertular penyakit.

Jika orang rileks, neurotransmiter dari otak menstimulasi sistem kekebalan tubuh. Bagaimana otak dan organ tubuh lain bekerjasama menjaga kesehatan tubuh harus diteliti lebih jauh. Tapi terbukti, proses ini lebih baik jika orang merasakan ketenangan. Jika orang senang atau bahagia, tubuh membentuk lebih banyak hormon Serotonin dan Endorfin. Kedua hormon ini juga ikut memperkuat kekebalan tubuh.

 

Profesor Wolfram Schüffel, kepala klinik untuk Psikosomatik di Universitas Marburg mengatakan, dengan kemampuan tubuh menyembuhkan diri, dampak penyakit bisa dilemahkan. Sebuah cabang ilmu pengetahuan baru disebut Psikoneuroimonologi mengungkap yang terjadi, jika jiwa “menyembuhkan” tubuh.

 

Bagaimana jiwa, sistem saraf dan sistem kekebalan tubuh saling berkorelasi menjaga kesehatan individu. (Poppy Dunda-Shirley Edna Maringka-A61; Ml; As; dari berbagai sumber dan  http://www.dw.com/id/kemampuan-tubuh-sembuhkan-diri/a-18753497)-FR

4 Responses to Tubuh dapat menyembuhkan dirinya

  • Harry Reksosamudra says:

    Pada alinea penutup disebutkan : “Bagaimana jiwa, sistem syaraf dan sistem kekebalam tubuh, saling berkorelasi menjaga kesehatan individu”.
    Rumus inilah kunci dr paparan ilustrasi yg disampaikan, dijabarkan dg ilmu pengetahuan struktur tubuh berikut faktor dominan yg berpengaruh, mengapa tubuh rentan terserang penyakit, tdk lain akibat produksi hormon tubuh yg tdk stabil, krn pengaruh psikis/pikiran, dg demikian sistem pertahanan tubuh terpengaruh, mengakibatkan penyakit mudah menyerang.
    Kita hrs ingat : “Jika Allah memeriksa hati, bukan tindakan faktual”, skrg kita tahu dari segi medis pengaruh psikis dominan dan secara religi yg terpenting hati. Jadi klop jika pameo : “Hati yg gembira, adalah obat”, dg demikian buatlah suasana : “Bersukacitalah senantiasa dlm keadaan apapun”. Maka tubuh senantiasa sehat, penyakit tdk akan datang.

  • Fatkhurr says:

    Memang hati harus jernih supaya selalu sehat

  • Harry Reksosamudro says:

    Spy jernih klo di Rinso gmn cak

  • Harry Reksosamudra says:

    Betul cak, hati hrs jernih yg bisa terjadi jk ada kesetiaan yg tdk berimplikasi mcm2, kesetiaan mutlak karakter illahi yaitu milik Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita