Tidur setelah sahur

sahur-lemas-tidurTidur kebutuhan kita untuk mengistirahatkan organ tubuh dan fikiran kita, tetapi tidur ada aturannya agar tidur kita membawa kesehatan jasmani-rohani. Kadang menjadi kebiasaan jika sehabis makan sahur langsung melanjutkan tidur kembali,

 

Tidur setelah sahur tidak haram tetapi banyak ulama berpendapat, tidur setelah makan sahur sebaiknya tidak di lakukan. Nabi Muhammad SAW memberi tuntunan bagi kita, makan sahur jangan sampai ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya atau menjelang imsyak.

 

Rasulullah tidak langsung tidur setelah sahur. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk ke dalam lambung dengan cepat dan baik sehingga makanan mudah dicerna dalam tubuh. Caranya bisa juga dengan mengerjakan shalat.

 

Rasulullah bersabda,”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir dan shalat. Jangan kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras.”(HR Abu Nu’aim dari Aisyah RA.). Dari sisi ilmu gizi dan medis, tidur setelah makan masuk kategori dilarang karena dampak buruknya banyak.

 

Dampak Buruk Tidur Setelah Makan:

1. Dampak dari tidur setelah makan, mengakibatkan perut membuncit. Menurut Dr. Pramono ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin menjelaskan tidur sesudah makan efeknya perut jadi buncit karena saat tidur tubuh hemat energi dan otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut.

 

2. Akan terjadi refluks, karena makanan yang belum dicerna bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (refluks) karena pengaruh gravitasi akibat tidur. Jika refluks maka asam lambung naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan terasa panas seperti terbakar, dan mulut terasa pahit.

 

3. Tidur sehabis sahur mengakibatkan gangguan pencernaan. Normalnya isi lambung/maag akan kosong kembali dua jam setelah makan, tapi kalau posisi tubuh berada pada posisi baring, maka proses pengosongan lambung/maag akan terlambat. Hal ini mengakibatkan timbul gangguan pencernaan seperti mencret atau sembelit tergantung bahan makanannya.

 

4. Meningkatnya risiko terkena stroke karena berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

 

5. Meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, memberi saran tidak tidur setelah sahur. “Karena makanan belum dicerna dan bisa berbalik dari lambung-kerongkongan karena gravitasi,” katanya.

 

Jika refluks, Ari melanjutkan, asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit. Dia punya cara menyiasati terjadinya refluks asam lambung ini. “Dengan cara tidur setengah duduk  atau tidur menggunakan bantal yang tinggi,” kata Ari.

 

 

 

Namun dosen FK UI itu lebih menyarankan orang yang berpuasa tidak tidur setelah bersantap sahur. “Sebenarnya kan percuma tidur, paling cuma satu jam,” katanya. Ideal-nya, ia menambahkan, seseorang boleh tidur dua jam setelah makan.
Jadi yang terbaik setelah sahur langsung beraktivitas dengan melaksanakan ibadah Sholat sunah dilanjutkan sholat Subuh dan wirid atau membaca Al Qur’an yang cukup lama hingga matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

 

Tetapi seandainya kita ingin tidur atau ngantuk berat setelah sahur, diatur minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur. (http://klinikpengobatanalami.wordpress.com/2013/07/13/bahaya-tidur-setelah-makan-sahur/)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita