logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

(Teropong)-Diabet-Mengkudu-dan penambah tenaga(3)

Karena ternyata banyak teman2 yang rutin mengonsumsi buah Mengkudu (yang teman lainnya adaalah UdYS), maka berikut saya tampilkan artikel tentang buah itu dari dari sumber berbeda yaitu  alodokter.com

 

Meski bau dan rasa tak sedap, buah mengkudu banyak dicari. Mengkudu punya banyak khasiat menyembuhkan macam2 kondisi. Tapi secara medis manfaat buah ini (nama latinnya morinda citrifolia) ini diragukan. Butuh penelitian lebih lanjut untuk menyatakan keabsahannya.

 

Mengkudu pohon cemara tropis yang biasa dijumpai di Kepulauan Pasifik, India, Australia, dan Asia Tenggara. Buah ini mengandung fitokimia, yaitu zat pada buah2an yang bisa mencegah penyakit. Jenis fitokimia itu : asam lemak, lignan, alkaloida, beta-sitosterol, flavonoid, dan iridoid. Menurut penelitian, belum ada cukup bukti yang kuat untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan.

 

Mengkudu juga mengandung nutrisi2 lain, seperti Vit C, Vit A, Vit B3, Potasium, kalsium, katekin, damnacanthal, sodium, zat besi, serat, dan karbohidrat. Ada masyarakat yang percaya buah ini bisa  mengobati penyakit2 :

 

Pilek, sakit kepala, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi, rematik, alergi, infeksi, peradangan, penyakit jantung, psoriasis, HIV, kanker dsb. Di Indonesia, mengkudu diproduksi berbentuk kapsul, bubuk, teh, jenis minuman, dan kosmetik.. Produk2 itu sudah teregistrasi di BPOM RI.

 

Ini khasiat mengkudu

Hasil Penelitian, positif, namun hanya berlaku pada hewan dan studi lab. Untuk manusia, penelitian baru dimulai. Jadi belum ada bukti medis untuk keabsahan manfaat mengkudu mengatasi berbagai kondisi  manusia. Ini hasil penelitian mengkudu pada manusia yang butuh kajian lebih lanjut.

 

1-Kanker. Penelitian tahap awal merekomendasikan konsumsi 6-8 gram mengkudu tiap hari. Hal itu mungkin bisa bantu tingkat energi dan penanganan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meski begitu, mengkudu belum terbukti berdampak positif pada ukuran tumor.

 

2-Meningkatkan stamina. Minum jus yang mengandung campuran mengkudu, anggur, dan blackberry selama 21 hari bisa meningkatkan stamina pelari jarak jauh saat latihan.

 

3-Gangguan pendengaran. Penelitian menunjukkan mengonsumsi jus mengkudu 4 ons tiap hari selama tiga bulan tidak meningkatkan pendengaran wanita yang mengalami gangguan pendengaran.

 

4-Mual dan muntah pasca operasi. Menurut penelitian, mengkudu bisa mengurangi mual pascaoperasi. Tapi sepertinya tidak berpengaruh dalam mengurangi gejala muntah2.

 

5-Tekanan darah tinggi. Penelitian awal menunjukkan bahwa dengan meminum empat ons jus mengkudu Tahitian tiap hari selama sebulan, dapat mengurangi tekanan darah pada orang yang memiliki kondisi tersebut.

 

6-Osteoartritis. Minum 3 ons jus mengkudu Tahitian tiap hari selama 5 bulan, mengurangi kebutuhan untuk mengonsumsi obat pereda rasa sakit pada penderita osteoartritis.

 

Selain untuk kondisi2 itu, penelitian lebih lanjut masih perlu untuk kondisi seperti batuk, sakit perut, diabetes, konstipasi, maag, masalah organ hati, migrain, infeksi, gangguan pencernaan, gangguan ginjal, katarak mata, asma, depresi, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan kondisi lainnya. Bersambung…………

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://www.alodokter.com/khasiat-buah-mengkudu-masih-diragukan)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita