logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

(Teropong)-Alm Pak Waloeyo yang berjasa(2/3)

Sebagai lanjutan dari kemungkinan penyakit yang diidap pak Waloeyo, berikut saya cuplik tanya jawab dengan dokter dari kompas.com :

 

Dok, saya mau tanya, apa ciri awal orang yang mengidap penyakit jantung? Apakah nyeri di dada, seperti tertusuk, itu tand2 kita punya penyakit jantung? Belakangan saya sering sakit di dada, terlebih kalau saya keletihan bekerja, istirahat kurang, juga saat cuaca dingin. Saya mohon penjelasannya. Tq (HS-jakarta)

 

Jawaban :

Untuk Bapak yang peduli kesehatan, ciri awalpengidap penyakit jantung sangat bervariasi, tergantung  penyakit jantung apa yang dialami. Benar, nyeri dada, seperti tertusuk, bisa saja merupakan ciri penyakit jantung jika yang Anda maksudkan adalah serangan jantung koroner akut.

 

Namun, tidak di semua tempat di area dada dapat dianggap serangan jantung akut. Ada tempat tertentu dan sering tidak hanya seperti tertusuk. Bisa juga gejalanya disertai rasa yang menjalar ke lengan, punggung, disertai keringat dingin, rasa ber-debar2 seperti tertekan benda berat, dan gejala2 lainnya.

 

Pada penyakit jantung yang disebabkan gagal jantung cirinya berbeda, bisa jadi tidak ada nyeri dada dan dapat didominasi oleh rasa sesak napas, tidur tidak bisa telentang, kaki bengkak, tidak kuat berjalan jauh, dan masih banyak lagi.

 

Selain itu, banyak penyakit lain yang bukan disebabkan gangguan jantung, tapi bergejala menyerupai penyakit jantung. Jadi yang Anda rasakan belum tentu disebabkan oleh gangguan jantung. Kemungkinan organ lain juga tak boleh dilupakan. Nyeri otot dada dapat menyebabkan gejala seperti itu.

 

Untuk mengetahui penyebab pasti, tentu harus ada evaluasi dulu sebelum bisa mengatakan Anda memiliki kelainan jantung. Saran saya, temui dokter yang Anda percaya karena sebaiknya pemeriksaan kondisi Anda dilakukan menyeluruh.

 

Melihat usia Anda yang muda (27), jarang terjadi serangan jantung/gagal jantung. Bukan tidak mungkin bila mempertimbangkan faktor gaya hidup dan perilaku tidak sehat. Saya tidak tahu hidup Anda selama ini, aktivitas se-hari2 yang bisa saja berpengaruh terhadap yang Anda alami kini.. (Dokter Irsyal Rusad; Asep Chandra); Bersambung……..

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://health.kompas.com/read/2011/05/17/09545971/Ciri-ciri.Awal.Sakit.Jantung)-FatchurR

One Response to (Teropong)-Alm Pak Waloeyo yang berjasa(2/3)

  • Harry Reksosanudra says:

    Biasanya sebelum berobat kebanyakan, kita sll mencari tahu dulu dg cara minum obat yg kira2 berkenaan dg dugaan dibenak.
    Kala usia muda dg daya tahan tubuh prima, jg sikap pragmatis ingin menyelesaikan masalah apapun berdasar rasio yg ada dikepala.
    Setelah percobaan gagal, baru dicari dokter utk menanganinya, sedang yg didatangi dokter umum, umumnya diagnosenya menurut text book jg pengalaman prakteknya.
    Lain klo ke internis, dokter penyakit dalam, yg analisanya berdasar test hasil lab, shg diketahui benar penyakit apa penyebabnya, tp pasti hasil diagnosenya
    Ini sy alami anak yg sakit, sp melahap obat dr empat dokter umum, ternyata tdk sembuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita