Telapak Kaki Melebar

Telapak Kaki MelebarMakin banyak saja dampak negatif dari obesitas dalam dua dekade terakhir. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa makin banyak orang gemuk di zaman modern, makin lebar pula ukuran rata-rata kaki manusia akibat harus menahan beban berlebih.
Telapak Kaki Melebar, Bisa Jadi Karena Obesitas
Studi yang digelar di College of Podiatry menemukan bahwa ukuran kaki laki-laki di Inggris mengalami pembesaran jika dibandingkan 20-30 tahun yang lalu. Ukuran kaki rata-rata orang Inggris membesar 2 ukuran, dari 8 menjadi 10.

Kondisi serupa juga dialami oleh perempuan. Dalam 40 tahun terakhir, ukuran rata-ratanya meningkat dari 4 menjadi 6.

Para peneliti meyakini, bahwa ukuran da berat tubuh manusia yang menjadi penyebabnya. Makin tinggi dan besar tubuh manusia, makin lebar pula ukuran kaki untuk memberikan kompensasi atas peningkatan tekanan yang disebabkannya.

Sebuah survei yang digelar di Inggris pada lebih dari 1.800 orang menunjukkan bahwa 25 persen laki-laki dan 41 persen perempuan menyadari bahwa kakinya melebar dalam beberapa tahun terakhir. Ini artinya masyarakat di Inggris mulai memahami bahwa indeks massa tubuh mempengaruhi bentuk kaki mereka.

Seperti dikuti BBC, Lorraine Jones dari Society of Chiropodists and Podiatrists selaku pimpinan penelitian mengatakan, “Peningkatan berat badan memberikan tekanan lebih pada kaki dan artinya ligamen serta sendi butuh bekerja lebih keras untuk menjaga struktur kaki.”

Sekilas ukuran telapak kaki melebar akibat berat badan bertambah tidak menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Akan tetapi, bertambahnya berat badan tersebut ternyata juga dapat memberatkan kerja persendian dan meningkatkan risiko pengeroposan tulang. Logikanya, semakin gemuk badan Anda semakin berat pula tekanan di kaki dan persendian.

So, turunkan berat badan Anda sekarang. (dan)

One Response to Telapak Kaki Melebar

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Benar sekali, ukuran sepatuku waktu SMA no 37.Saat itu berat badanku 42 kg. Sesudah anak ke2 lahir ukuran jadi 38.Berat badab menjadi 50 Kg an. Sesudah umur diatas 50 tahun, karena dipangkal jempol kaki kiri dan kanan, membesar, konon katanya karena terlalu sering pakai sepatu hak tinggi, berakibat ukuran sepatu bertambah jadi 39, disebabkan karena ukuran sepatu menjadi kurang lebar, bukan kurang panjang. Supaya nyaman maka dipasang ganjal sepatu, atau cari sepatu yang bisa membuat benjolan dikaki keluar dari sepatu (he he ada angin anginya, alias ada jendelanya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita