logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tanda2 Kolesterol tinggi

Mengenali gejala macam2 penyakit, apalagi yang bertalian dengan diri kita itu sangat dianjurkan. Cobalah ikuti sajian dari kompas.com berikut : Tahu kadar kolesterol darah penting sebagai bagian dari upaya pencegahan penyakit pembuluh darah dan jantung.

 

Pemeriksaan dapat dilakukan dengan tes darah di lab. Pemeriksaan sederhana menunjukkan angka kolesterol total, sedang pemeriksaan yang lebih kompleks dapat menunjukkan informasi tambahan berupa angka high density lipoprotein (HDL), low density lipoprotein (LDL), dan trigliserida.

 

Pemeriksaan kadar kolesterol sebaiknya rutin untuk memantau kesehatan secara keseluruhan. Selain  pemeriksaan darah, ada tanda2 fisik untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Sahid Sahirman, dr Aulia Sani, memaparkan gejala yang perlu diwaspadai.

 

1-Sering pusing belakang kepala

Pusing di belakang kepala diakibatkan penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Penyumbatan ini lantaran kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah. Jika dibiarkan, maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan stroke.

 

2-Tengkuk dan pundak pegal

Pegal di tengkuk dan pundak itu implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah di daerah itu. Aliran darah yang tidak lancar juga disebabkan penyumbatan pembuluh dari kolesterol.

 

3-Sering pegal di tangan dan kaki

Pembuluh darah di tangan dan kaki bisa tersumbat akibat penumpukan kolesterol. Pegal di tangan-kaki akibat penumpukan kolesterol biasanya terjadi terus-menerus meski tidak beraktivitas berat.

 

4-Sering kesemutan di tangan dan kaki

Hampir sama dengan pegal, kesemutan itu implikasi dari aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

 

5-Dada sebelah kiri seperti tertusuk

Dada kiri berhubungan dengan organ pemompa darah yaitu jantung. Penyumbatan di pembuluh darah sekitar jantung mengakibatkan rasa nyeri seperti ditusuk. Rasa nyeri bisa menjalar hingga ke sekitar leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung. (Unoviana Kartika; Asep Candra)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://lifestyle.kompas.com/read/2013/06/19/0949147/Inilah.Tanda-tanda.Fisik.Kolesterol.Tinggi)-FatchurR

2 Responses to Tanda2 Kolesterol tinggi

  • Harry Reksosanudra says:

    Segala hal merusak yg masuk dalam aliran darah, merupakan bahaya menakutkan berakibat fatal jika sdh menumpuk berupa kerak/plak dalam pembuluh darah seperti kholesterol jahat. Bisa menyumbat pembuluh darah jantung disebut PJK jantung koroner, dipembuluh darah otak disebut stroke dll
    Ada juga trigeliserit, gula darah dll, oleh krn nya perhatikan asupan seimbang, OR, jaga perasaan hati & pikiran, positive thingking menjadikan tubuh bersih dari sampah2 yg merusak diri

  • Fatkhurr says:

    Setuju p. HRS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita