logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Tak kuat menggenggam berarti ada masalah Jantung?

penyakit jantung dan genggaman tangan(health.detik.com)-Kekuatan genggaman tangan kerap digunakan mengukur kekuatan otot, sering diasosiasikan risiko kardiovaskular dan mortalitas manusia. Namun, apa kaitannya genggaman tangan dan bentuk serta fungsi jantung masih jarang diketahui.

Genggaman tangan kuat bisa jadi terkait fungsi dan struktur jantung yang dapat mengurangi risiko masalah kardiovaskular. Pernyataan ini dibuktikan studi yang dipublikasikan baru2 ini dalam jurnal PLOS ONE oleh Sebastian Beyer dan Steffen Petersen dkk. dari Queen Mary University of London, Inggris.

Studi yang dipublikasikan 14/3/18 ini menganalisa hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan data pada kekuatan genggaman dari 5.065 peserta yang berpartisipasi dalam studi propspektif UK Biobank. Petersen dan Beyer mengkonstruksi model statistik dari faktor2 potensial yang mempengaruhi data seperti demografis dasar, faktor risiko jantung, pergerakan massa otot dan tingkat aktivitas fisik.
“Kami pelajari lebih dari 4.600 orang yang menunjukkan genggaman tangan yang kuat terkait dengan memiliki struktur dan fungsi jantung lebih sehat,” jelas Dr Petersen, dikutip dari Science Daily. Mereka temukan peserta yang genggaman tangannya lebih kuat, lebih sering memompa darah tiap denyut jantung meski punya massa jantung lebih rendah.

 

Hal ini mengindikasikan jantung tak mengalami kondisi yang disebut remodelling (pembentukan ulang) dari otot jantung. Remodelling terjadi sebagai respon dari penyebab stres, misal tekanan darah tinggi atau serangan jantung. Mengalami sedikit remodelling atau tidak sama sekali diketahui mengurangi risiko dari masalah kardiovaskular.
Para peneliti studi ini mengungkapkan penemuan ini membantu meningkatkan pemahaman kita mengenai bagaimana bentuk dan fungsi jantung dapat berkontribusi pada kaitan dengan kekuatan genggaman tangan dengan masalah kardiovaskular serta mortalitas.

“Kekuatan genggaman tangan itu alat pengukur yang tidak mahal, bisa ber-kali2 dan mudah diemplementasikan, serta jadi metode penting mengidentifikasi yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan mencegah kejadian yang mengubah hidup, seperti serangan jantung,” tandas Peterson. (Up/ Up; Frieda Isyana Putra;  Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3922246/tak-kuat-menggenggam-tandanya-ada-masalah-jantung )-FatchurR

One Response to Tak kuat menggenggam berarti ada masalah Jantung?

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Tidak disebut adanya perbedaan kekuatan jari tangan dr org yg tdk terlatih dan yg terlatih misalkan kerja mekanik yg menggunakan kekuatan jari tangan dan sejenisnya, praktis lbh kuat cengkeram alat tsb. Ini yg jadi tanda tanya buat sy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita