Syarat Olahraga Bagi Orang Tua

Shutterstock

Ilustrasi

KOMPAS.com –¬†Orang lanjut usia yang tetap aktif melakukan olahraga bukan hanya lebih bugar tapi juga akan menua dengan sehat. Para lansia yang rutin berolahraga juga lebih mampu melakukan pekerjaan harian seperti mencuci atau memasak dengan lebih baik.


Meski demikian, penurunan kondisi fisik yang terjadi pada lansia membuat mereka harus lebih berhati-hati dalam berolahraga.

“Namun bagi orang tua yang tidak terbiasa berolahraga, ada hal-hal yang perlu mereka perhatikan. Misalnya mereka baru mulai rutin berolahraga di usia yang tua, tidak bisa disamakan dengan mereka yang masih muda,” kata dr.Grace Tumbelaka, Sp.KO di konferensi pers “Exercise is Medicine” di Jakarta, Jumat (25/4/2014).

Orang tua yang tidak biasa berolahraga, lanjut Grace, sebaiknya memulai olahraga yang intensitasnya rendah hingga sedang. Misalnya, berjalan kaki hingga joging dengan intensitas sedang.

“Yang penting lagi, mereka sebaiknya menghindari gerakan melompat. Ini karena tulang orang tua yang tidak biasa berolahraga umumnya sudah mengalami pengeroposan,” kata dokter yang berpraktik di RS Jakarta ini.

Pengeroposan pada tulang meningkatkan risiko fraktur atau patah tulang. Sedangkan melompat merupakan gerakan yang memicu terjadinya fraktur. Jika sudah terjadi fraktur maka kualitas hidup seseorang akan sangat jauh menurun karena mereka tidak bisa lagi mandiri melakukan kegiatan sehari-hari.

Grace menjelaskan, fraktur juga bisa diakibatkan oleh jatuh. Maka untuk menghindari jatuh, orang tua juga perlu latihan keseimbangan.

“Latihan keseimbangan seperti tai chi sangat bagus bagi orang tua. Dalam seminggu baiknya latihan keseimbangan dilakukan tiga hingga empat kali selama 20 sampai 30 menit,” sarannya.

Editor :
Lusia Kus Anna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita