Susah Tidur Karena Coronasomnia Berikut Cara Mengatasinya

(lifestyle.okezone.com)-DI masa pandemic Virus Corona (Covid-19) ini peneliti mengungkapkan ada  istilah baru yang disebut coronasomnia. Ini gangguan akibat stres dan kecemasan yang meningkat pada masa pandemi virus corona. Dampaknya jadi susah tidur, mirip insomnia.

 

Associate Profesor Bidang Kedokteran Klinis dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, Ellen Rosen, mengatakan coronasomnia disebabkan ketidakpastian info secara terus-menerus selama andemi. Demikian penjelasan American Medical Association (AMA), dikutip dari akun Instagram Kominfo RI, (10/10/2020).

 

Jika tidak segera diatasi, coronasomnia berdampak pada kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, depresi, dan masalah kesehatan lain. Asisten Dekan Pendidikan Kedokteran Pascasarjana Penn Medicine, Dr Rosen, menyebutkan ada cara cara mengatasi coronasomnia. Berikut ini caranya, dilansir laman resmi AMA.

 

1-Mendapat cahaya matahari pagi yang cukup

Coba bangun pagi lebih awal pada waktu yang sama tiap hari. Pastikan tubuh dapat paparan sinar matahari dalam 1-2 jam pertama setelah bangun. Hal ini untuk mengatur “alarm alami” tubuh agar mengingatkan waktu bangun pagi. Malam hari lakukan satu rutinitas selama 30-60 menit sebelum tidur untuk memberikan sinyal ke otak waktunya tiba untuk tidur.

 

2-Lakukan olahraga kecil saat sebelum dan bangun tidur

Terkadang karena sistem saraf yang terlalu dipaksa bekerja keras mengakibatkan kesulitan tidur. Perlu dilakukan aktivitas atau hal-hal yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

 

3-Coba selalu berpikir jernih

Perlu ada strategi mengembangkan kesehatan mental yang positif. Luangkan waktu sekira 10 menit untuk menuliskan apa pun hal yang ada dalam pikiran. Kegiatan ini setidaknya 1-2 jam sebelum tidur di luar kamar.

 

4-Berhenti melihat berita sebelum tidur

Ketika berada di tempat tidur sebaiknya tidak perlu lagi melihat berita, terutama tentang covid-19. Hal ini akan memengaruhi sistem saraf, belum lagi paparan cahaya dari perangkat seperti HP dan TV saat melihat berita akan membuat rasa kantuk hilang.

 

5-Gunakan suara-suara tertentu untuk merelaksasikan pikiran

Kesulitan tidur terkadang juga disebabkan banyaknya pikiran dan kekhawatiran. Suara-suara seperti kipas meja maupun mesin dapat membantu menenangkan pikiran.

 

6-Jangan konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol sebelum tidur membuat mata terjaga di malam hari. Alkohol juga berpengaruh pada rapid eye movement (REM) yang jadi salah satu tahap sebelum tidur. Meski berhasil tidur setelah mengonsumsi alkohol, ada potensi terbangun saat tengah malam sehingga waktu tidur dapat terganggu.

 

(han; Anjasman Situmorang;   Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/10/481/2291591/susah-tidur-akibat-coronasomnia-ini-cara-mengatasinya)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita