Seri mengenal Vertigo(1)

vertigoHi kawan, mohon info! Ada yg mengetahui ttg pengobatan VERTIGO ? Apa yg hrs dilakukan? Thx. Demikan BBM yang sempat saya baca dan disahti oleh anggota grup :

“Vertigo untuk bukan penyakit pak, tapi gejala dari sebab akibat sesuatu, ϑαn banyak penyebabnya. A.l.: kelainan syaraf, akibat benturan, sinusitis, cylinder pada mata ϑαn kacamata tΐϑαƙ cocok”

 

“Jadi dicari penyebabnya dulu, baru pengobatan. Demikian, keterangan yg saya peroleh dari Sp. Syaraf dr Diah, waktu suami saya jatuh kena benturan ϑαn juga mengalami vertigo. Pengalaman kedua, keponakan mata cylinder, kacamata tΐϑαƙ cocok, trus vertigo sampe pingsan. Setelah periksa sana sini, ternyata di mata”.

 

“Setelah periksa ϑαn ganti kacamata, beres sudah. Selain itu anak saya sendiri mengalami hal yg sama, vertigo ϑαn muntah2 mau pingsan, setelah ke dokter mata, sekarang sudah gak pernah vertigo lagi. Demikian pak, pengalaman yg saya alami di keluarga saya. Semoga puteri pak Sidharta vertigonya cepat teratasi” (EH).

 

“Benar mbak, dokternya mengatakan trauma akibat benturan saat dia jatuh membentur lantai. Apa yg hrs dilakukan?”

 

“Obat vertigo dr Diah apa sudah habis ϑαn masih vertigo pak. Apa ndak sebaiknya kembali ke dr Diah lagi, menurut saya blio itu teliti sekali”.

Biar agak afdol, berikut kutipan dari sumber lain :

 

JAKARTA, KOMPAS.com –  Banyak yang menganggap terserang vertigo bisa menyebabkan kematian. Tetapi menurut ilmmu kedokteran sejauh ini, anggapan tersebut belum terbukti.

“Setahu saya, tidak ada orang meninggal gara-gara vertigo,” kata Erin Destrini, Dokter Umum dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC).

 

Dia menjelaskan, dari sisi ilmu kedokteran, vertigo sebenarnya hanya gejala dari suatu penyakit tertentu. Misalnya vertigo bisa menjadi penanda adanya gangguan pada otak. Misalnya, luka di batang otak, tumor atau kanker otak.

Selain itu, vertigo juga menjadi tanda-tanda gejala penyumbatan darah ke otak. Penyumbatan pembuluh darah pada otak ini menyebabkan otak kekurangan oksigen.

 

Gangguan sirkulasi darah pada pembuluh juga bisa ditandai dengan vertigo. Gangguan sirkulasi ini bisa dipicu oleh banyak faktor, antara lain timbulnya plak di dinding pembuluh darah, meningkatnya kekentalan darah, atau mengerasnya dinding pembuluh darah.

 

“Gangguan sirkulasi darah ini disebabkan beberapa penyakit, seperti gula darah atau diabetes melitus, darah tinggi atau hipertensi, dan kolesterol tinggi,” kata Suhanto Kasmali, Dokter Umum Rumah Sakit Mediros, Jakarta Timur.

 

Gangguan sirkulasi darah ini juga bisa disebabkan ooleh pola hidup yang tidak sehat. Seperti mengkonsumsi rokok dan minuman yang mengandung alkohol. Penyebab lainnya, tidak pernah berolahraga, dan sering mengonsumsi makanan berlemak, seperti gorengan, atau makanan cepat saji alias junkfood.

 

Ketika sirkulasi darah tidak lancar, maka asupan oksigen pada organ pun tidak sempurna. Inilah yang menyebabkan komplikasi berbahaya. Pasalnya, seluruh organ tubuh membutuhkan oksigen.

Seretnya sirkulasi darah ini menjadi fatal bila yang mengalami gangguan adalah pembuluh darah yang menuju organ vital seperti jantung, otak, ginjal.

 

Gangguan sirkulasi ke otak dapat menyebabkan stroke, gangguan pada pembuluh darah menuju ginjal menyebabkan gagal ginjal, dan gangguan pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan gagal jantung. Nah, hal inilah yang bisa mengakibatkan kematian, jadi bukan vertigonya.

 

Gangguan pada telinga juga bisa menjadi sesuatu yang menganggu. Misalnya, gangguan pada telinga ini terjadi karena ada infeksi bakteri pada organ di telinga dalam alias labyrinthitis. Infeksi ini bisa membuat orang tersebut vertigo yang disertai dengan muntah dan suhu badan yang tinggi. Kondisi ini perlu penanganan serius. Karena, jika tidak ditangani dengan baik, infeksi bisa berpengaruh ke organ-organ lain dan bisa mengakibatkan komplikasi.

 

Vertigo bisa pula merupakan penanda adanya tumor pada saraf pendengaran atau pada saraf keseimbangan, yang terletak di antara telinga dan otak. Jika ini terjadi, perlu penanganan seperti operasi. Membiarkan adanya tumor tentunya bisa berakibat fatal bagi penderitanya. Dampak buruknya merupa kematian juga.

 

Selain karena gangguan jasmani, serangan vertigo juga bisa disebabkan oleh terganggunya psikologis seseorang. “Jika Anda stres, tegang, kurang tidur, atau berdiri terlalu lama, bisa juga kena vertigo,” tambah Erin.

 

Oleh sebab itu, jika Anda vertigo, segera periksakan diri Anda kepada dokter agar penyakit tidak berkembang. Bersambung ………………………………………. (Sanny Cicilia Simbolon; http://m.kompas.com/health/read/2010/08/25/0747035/Vertigo.Tanda.dari.Penyakit.Tertentu)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita