logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Serangan Jantung

sakit jantungSeperti yang terjadi pada artis Basuki, Adjie Massaid, Yani Libels, dan yg lainnya. Ketika terjadi serangan jantung, gejalanya yang muncul cenderung parah. Misalnya sakit dada hebat, timbul mendadak, dan rasanya seperti ditekan benda berat. 

Sakit dada yg lamanya bisa 10-15 menit dan gejala ini tdk hilang dgn istirahat atau obat dibawah lidah utk melebarkan pembuluh darah koroner, dan disertai keringat dingin, mual, muntah, sesak, nyeri punggung tembus ke punggung, menjalar ke tangan kiri, kadang menjalar ke rahang, leher spt tercekik, ini adalah tanda-tanda serangan jantung.

Bila gejala ini muncul dan belum terdiagnosa, maka pasien harus dibawa ke RS terdekat. Sebab kebanyakan orang kadang tidak tahu dan berpikir yg dialaminya itu angin duduk atau masuk angin. Tak jarang, banyak orang akhirnya mengerok kulit mereka dan akan memperlama proses ke RS.

Serangan jantung terjadi akibat pembuluh koroner yg tertumpuk lemak (Trigliserid dan Kolesterol). Ketika serangan jantung, kerak pembuluh darah pecah, dan tubuh akan mencoba menutup pecahan kerak tersebut dan akhirnya membentuk bekuan darah. Kalau bekuan darah ini terjadi sangat banyak, maka akan membuat aliran darah dlm pembuluh darah buntu dan menyebabkan serangan jantung. (Krestina Suwarningsih; Artikel dari Spe. Jantung dan Pembuluh Darah dr. Hasril Hadis, SpJP (K), FIHA)

Tambahan dari Ary Gang Pen

Para ahli mengatakan bahwa 10 menit adalah waktu yang optimal untuk menolong seseorang dengan henti jantung mendadak agar dapat tertolong. Dr Jeffrey mengatakan.empat menit adalah waktu minimal agar pasien dapat tertolong dengan kesempatan selamat 50 persen.

 

Para ahli lainnya bahkan menghitung sempatan untuk selamat menurun 70 persen tiap menitnya.“Kondisi ini sering terjadi tanpa ada saksi sehingga sulit mengharapkan bantuan, apalagi bila terjadi di rumah. Bahkan pada emergency system terbaik pun, kejadiansurvival sangat kecil, sehingga sangat jarang korban dapat diselamatkan,” katanya.(yac; Ary Gang Pen-A68)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita