logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Separuh penyebab stres saat terjebak macet

MacetJakarta – Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli mengatakan, ada 4 penyebab utama stres (stressor), yaitu frustasi, pressure (tekanan), konflik, serta adanya perubahan. Dari empat stressor tersebut, separuhnya ternyata bisa muncul saat terjebak di kemacetan.

 

“Terjebak macet itu memenuhi kriteria 2 dari 4 stressor utama, yaitu frustasi dan pressure. Menjadi frustasi karena mobil yang kita tumpangi tidak bergerak, dan pressure karena kita harus tiba di tempat tujuan pada waktu yang ditentukan, sementara kondisi jalanan tidak bersahabat,” kata Roslina, di acara Castrol MAGNATEC Stop-Start Family Fest, di Jakarta, Sabtu (12/9).

 

Kondisi stres tersebut bisa memberi dampak buruk ke tubuh. Sebab, tubuh manusia memang tidak diciptakan untuk menahan stres dalam jangka panjang. “Karena macet, quality time bersama keluarga juga menjadi berkurang akibat terlalu lama waktu yang dihabiskan di jalan,” ujarnya.

 

Namun menghindari kemacetan di kota besar seperti Jakarta tampaknya jadi hal yang mustahil. Hal yang bisa dilakukan, menurut Verauli, adalah dengan menghadapinya dan “menikmati” kemacetan tersebut.

“Mobil sebetulnya sudah menjadi rumah kedua kita. Bahkan untuk keluarga, mobil juga bisa dijadikan tempat untuk membangun kedekatan dan kebersamaan dalam perjalanan,” ujarnya.

 

Cara yang bisa dilakukan, menurut Verauli, adalah dengan melakukan hal-hal sederhana secara bersama-sama namun menyenangkan, misalnya bernyanyi bersama. Tetapi perlu diingat bahwa keamanan berkendara tetap menjadi hal yang utama.

 

“Kemacetan jangan dijadikan sebagai stressor. Lakukan saja hal-hal yang menyenangkan di dalam mobil. Kalau bersama keluarga, orangtua juga harus lebih kreatif dalam memanfaatkan waktu,” ujarnya. (Herman/LIS; http://m.beritasatu.com/mobil/306455-psikolog-separuh-penyebab-stres-muncul-saat-terjebak-kemacetan.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita