logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Posisi Tidur pengaruhi Kesehatan Otak

posisi tidur miring ke kiri (1health.id/)-Posisi tidur berdampak pada kenyamanan beristirahat, dan berpengaruh pada kesehatan Anda. Menurut penelitian dalam Journal of Neuroscience, posisi tidur yang tepat juga dapat melindungi Anda dari penyakit saraf otak atau neurologis, seperti alzheimer atau parkinson.

 

Tidur miring atau menyamping, itu posisi tidur terbaik daripada posisi telentang/telungkup. Pada posisi ini, otak bekerja dengan lebih maksimal. Peneliti menggunakan MRI memantau glymphatic atau sistem detoksifikasi atau pembuangan zat berbahaya dari dalam otak ke luar tubuh.

 

Sistem ini bekerja lebih efisien saat Anda tidur dengan posisi miring. Limbah otak yang dibuang mencakup protein beta-amyloid, yaitu protein yang dapat membentuk plak yang menjadi salah satu penyebab penyakit alzheimer.

 

Selain alzheimer dan parkinson, posisi dan kualitas tidur dikaitkan dengan demensia. Gangguan tidur yang berkepanjangan dapat menyebabkan penderita demensia lebih cepat mengalami hilang ingatan. Maka posisi dan kualitas tidur bekerja untuk mendukung satu sama lain.

 

Perhatikan posisi bantal

Selain itu, bila Anda ingin mengubah posisi tidur, pastikan Anda menempatkan bantal pada posisi tepat. Bantal memiliki dampak besar, pada kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Manfaat utama bantal untuk menyelaraskan tulang belakang leher, sehingga leher tidak menekuk dan menyebabkan ketegangan pada leher Anda selama tidur.

 

Bantal terlalu besar atau terlalu tipis tidak dapat melindungi leher Anda saat tidur. Jadi pastikan Anda memilih bantal dengan ukuran tepat. Jangan sampai kepala Anda miring ke atas atau ke bawah saat tidur. Mintalah pasangan/keluarga Anda memerhatikan posisi leher dan kepala saat Anda tidur.

 

Anda dapat pilih ketebalan bantal, (12-15 cm) untuk mengisi ruangan antara telinga dan pundak Anda. Dengan ukuran bantal  tepat, maka kualitas tidur Anda terjaga. Sehingga Anda dapat  menjaga kesehatan otak Anda. (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/studi:-posisi-tidur-pengaruhi-kesehatan-otak-1.html)-FatchurR *

One Response to Posisi Tidur pengaruhi Kesehatan Otak

  • Harry Reksosamudrasamkekj says:

    Posisi tidur kebanyakan org sll mencari sikap yg enak serta memudahkan pulas, kebanyakan posisinya bertentangan spt yg dianjurkan dlm artikel ini.
    Sayangilah kesehatan tubuh organ dlm juga otak yg bisa terkena alzheimer, parkinson dan demensia, cukup dg cara membiasakan tidur miring kanan atau kiri saja, mk bisa terhindar dr ketiga penyakit yg disebut terakhir. Teman2 silahkan mencoba dan berusaha demi tubuh anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita