Persiapan Menghadapi Flu Musiman

(republika.co.id)- JAKARTA; Di masa pandemic ini, kita juga menghadapi Flu Musiman tahun ini. Centers of Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan vaksin Flu sebelum akhir Oktober. Ini memastikan kita terlindungi dari influenza sebelum masa puncaknya pada Desember dan Februari-2021.
Bekal kita menghadapi flu musiman tak cukup hanya vaksin flu. Dokter Spesialis Penyakit Menular yang meneliti virus pernapasan di Baylor College of Medicine Houston, Texas, AS, Pedro Piedra, menyarankan agar kita bersiap menghadapi flu di tengah pandemic ini. Berikut irekomendasi Piedra, melansir laman prevention, Jumat (9/10).

 

Tisu dan semprotan desinfektan

Environmental Protection Agency (EPA) AS merilis daftar tisu dan semprotan desinfektan yang dapat membunuh virus Covid-19. Ini sama efektifnya memerangi potensi penyebab pilek dan flu, digunakan dengan benar. Untuk mencegah masuknya kuman, desinfeksi area yang sering disentuh di rumah. Juga harus sering membersihkan benda yang paling sering dipegang tangan.

 

Masker ekstra

Strategi memperlambat penyebaran Covid-19 serupa dengan mencegah penularan influenza. Misalnya bermasker saat di luar rumah dan ketika berada dekat dengan orang lain. Disarankan menyetok masker sebelum masuk musim flu yang biasa terjadi saat musim dingin.

 

Obat penurun demam

Salah satu tanda tubuh kita sedang melawan komponen asing adalah demam. Untuk mengatasinya  coba beberapa obat yang dijual bebas. Carilah Tylenol atau asetaminofen (generik) untuk membantu mengatasi demam. Keduanya membantu mengatasi demam dan juga nyeri tubuh akibat virus.

 

Dekongestan
Tetap gunakan dekongestan oral atau hidung untuk membantu meredakan hidung tersumbat. Namun, jangan gunakan dekongestan hidung lebih dari tiga hari berturut-turut, dan jangan gunakan dekongestan jika memiliki tekanan darah tinggi.

 

Tablet
Penting mendengarkan kondisi tubuh dan memperhatikan potensi gejala flu dan pilek. Pertama, hubungi dokter jika perlu, dan kedua, mulai konsumsi obat secepatnya jika perlu. Jika mulai konsumsi tablet zinc (kurang dari 100 mg/hari) tepat saat gejala pilek pertama muncul, ini mengurangi durasi pilek hingga 40 %

 

Semprotan saline hidung

Saline sebagian besar terdiri dari air dan garam, serta terkadang ditambah dengan sedikit vitamin C. Semprotan ini melembabkan saluran hidung, mengurangi kekeringan dan hidung tersumbat, pilek dan flu, serta melonggarkan dan mengencerkan hidung tersumbat.

 

Obat tetes pereda batuk

Batuk bisa jadi gejala pilek atau flu (atau kasus Covid-19 yang penting diperhatikan), jadi bawalah 1-2  kantong obat batuk untuk membantu meredakan batuk. Mengkonsumsi peppermint atau mentol juga dapat meredakan sakit tenggorokan.

 

(Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah;  Bahan dari  : https://republika.co.id/berita/qhxfoi463/7-persiapan-hadapi-flu-musiman-rekomendasi-dokter)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita