logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Orang Okinawa sehat hingga umur 90 Tahun

Orang Okinawa sehat hingga umur 90 Tahun(health.detik.com)-Jakarta; Apakah orang2 sekitar kita termasuk pertemanan sehat yang positif? Atau justru mereka membawa pengaruh negatif yang membuat kita uring2an tiap hari? Kesehatan jasmani tak lepas dari kesehatan mental se-hari2.

 

Orang2 sekitar kita punya pengaruh kuat pada kesehatan mental kita dan dalam memberikan efek positif dan negatif pada hidup kita. Hasil Peneliti, beberapa sikap kesehatan kita menular dan Medsoos pribadi dan online mempengaruhi tingkat obesitas, kecemasan dan rasa bahagia. Baru2 ini ditemukan rutinitas harian seseorang kuat dipengaruhi Medsos mereka.

 

Penulis dari National Geographic mengkaji kebiasaan kesehatan orang yang hidup pada blue zone atau zona biru, sebutan bagi area orang2 yang hidup lebih panjang dari rata2. Ia mencatat pertemanan sehat dan positif itu tema umum di zona biru
“Teman dapat mempengaruhi dan dapat diukur dan berlanjut pada kebiasaan sehat dalam cara yang tak bisa dilakukan diet,” tutur Dan Buettner, sang penulis dan peneliti, dikutip dari New York Times. Misal di Okinawa, Jepang, ekspektasi hidup bagi wanita 90 tahun. Ini jadi yang tertua di dunia, dan satu budaya yang berpengaruh adalah moai.

Moai itu bentuk Medsos di kelompok beranggota 5 kawan menawarkan sosial, logistik, emosional dan dukungan finansial seumur hidup. Buettner menyebut moai itu ideologi  kuat apalagi ditanamkan sejak mereka bayi. Buettner bekerja bersama dengan petugas kesehatan dan federal yang berwenang. Tim ini membuat kuis untuk membantu orang2 menilai dampak positif dari Medsosnya.
Tujuannya tak membuang pertemanan yang tak sehat, namun mengidentifikasi orang2 dalam hidupmu yang punya nilai lebih tinggi dan disarankan menghabiskan waktu lebih banyak dengan mereka.

Mereka juga mempraktekkan moai di beberapa negara, mengumpulkan orang2 yang ingin mengubah kebiasaan sehatnya 10 minggu. Hasilnya ada moai2 yang berlangsung lama hingga ber-tahun2 lamanya bahkan masih berlanjut hingga sekarang dalam mempengaruhi kesehatan masing2 anggota.

“Aku tak sependapat bahwa hal terkuat yang bisa dilakukan untuk menambahkan tahun2 yang sehat adalah mengkurasi jejaring sosialmu. Secara umum kita menginginkan teman yang bisa diajak mengobrol seru dan berarti,” tuturnya lagi.

Pertemanan sehat lebih baik ketimbang obat2an apapun atau suplemen anti penuaan. Ia sarankan fokus pada 3-5 teman di dunia nyata ketimbang mempertahankan teman di FB. (Frp; Up; Frieda Isyana Putri; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4111929/rahasia-orang-okinawa-bisa-hidup-sehat-hingga-usia-90-tahun)-FatchurR *

2 Responses to Orang Okinawa sehat hingga umur 90 Tahun

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Pertemanan dlm.kelompok kecil umumnya lbh sehat dr yg kelompok besar, mengapa ? Teringat pd kelompok belajar saat SMA yg anggotanya 5 org, saat break kami bisa diskusi tanpa distorsi, meluncur ceria lepas bgt sj yg topiknya aneka ragam. Jk kelompok besar yg banyak anggotanya praktis beresiko terjadi friksi, ini lumrah manusiawi, asal pemimpin kelompoknya mumpuni dan tegas dlm bebersikap. Tapi yg paling ciloko adlh jk pemimpinnya, pengetahuan umumnya dangkal praktis menggampangkan segala cara dlm menyikapi suatu risalah, malahan cenderung spt jaman orba, segala hal dikatakan PKI, habis perkara krn vonnis pribadi yg bikin anggotanya lolak lolok tanpa daya, akhirnya terbentuk kelompok zombie.

  • fatkhurr says:

    Opo ngono tah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita