logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Olah Raga yang aman untuk Penderita Asma

Olah Raga yang aman untuk Penderita Asma (1health.id)-Menderita gangguan pernapasan (asma) bukan penghalang untuk berolahraga. Selain untuk kesehatan tubuh, OR dibutuhkan untuk membantu melatih pernapasan Anda.

 

Namun, beberapa jenis OR yang ekstrem dan intensitasnya tinggi bisa memicu asma kambuh. Oleh karena itu, sebelum ber-OR, pilih jenis olahraga yang tepat berikut ini, agar Anda tidak mengalami efek samping yang berbahaya.

 

Berenang

Selama ber-OR, seseorang akan bernapas lebih cepat sehingga menyebabkan saluran pernapasannya cepat kering. Dengan menghabiskan waktu di air (berenang), ada uap air yang masuk ke dalam saluran pernapasan yang dapat membuat saluran ittu tidak cepat kering.

 

Senam

Olahraga kardio boleh dijalani, namun pilih yang tidak terlalu berat, seperti senam. Kini sudah ada gerakan senam khusus bagi para penderita asma dengan gerakan menyerupai aerobik, yang meski tidak bisa menghilangkan penyakit asma, namun bisa melatih kemampuan dalam bernapas.

 

Basket, Sepak Bola, Bulu Tangkis dan Voli

Meski butuh tenaga ekstram olahraga ini juga baik, dan disarankan, karena saat menjalani OR itu, Anda akan berlatih menanggulangi asma selama ber-OR. Untuk memastikannya, penderita asma perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

 

Yoga, Tai Chi dan Pilates

Olahraga ini aman dan baik bagi penderita asma, karena OR ini  fokus pada pernapasan, namun dengan intensitas yang rendah, karena gerakannya tidak banyak yang membutuhkan lompatan dan lari. (Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/olahraga-yang-aman-bagi-penderita-asma-1.html)-FatchurR *

One Response to Olah Raga yang aman untuk Penderita Asma

  • Harry Reksosamudra says:

    Dr artikel ini, kita dpt pengetahuan OR yg baik buat penderita asma, dg demikian bisa dihindari resiko yg tdk baik. OR sll dibarengi tarikan nafas, inilah kunci keamanan pemderita asma dlm ber OR, yg penting jng diforsir dlm kegiatannya shg tenggorokan tdk cepat kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita