Nyeri punggung saat mudik

Nyeri punggungPerjalanan mudik dengan kendaraan darat atau kendaraan pribadi di hari-hari dekat Lebaran bisa jadi merupakan momen yang sangat melelahkan. Anda akan bersama-sama dengan masyarakat lainnya menuju kampung halaman, sehingga kemacetan hebat sering terjadi.

 

Belum lagi bila ada kerusakan jalan-jembatan, seperti yang di Comal, Pekalongan, Jateng. Perjalanan bisa terhambat berjam-jam. Bila ini terjadi, kelelahan mendera. Salah satunya kelelahan tulang belakang atau nyeri punggung. Ini makin menjadi persoalan jika terjadi pada yang sering berurusan dengan riwayat nyeri punggung bagian bawah. Berikut tips agar perjalanan Anda bisa bebas rasa nyeri punggung:

 

1-Duduk dengan nyaman : Luangkan waktu untuk memastikan bahwa Anda merasa nyaman saat Anda berangkat. Jangan berangkat saat Anda merasa ada gangguan pada tulang belakang. Bila perlu, konsultasikan masalah Anda dengan dokter sebelum berangkat.

 

Mudik macet2-Bantu dengan handuk. :Gulung handuk atau bantal dan tempatkan di antara punggung bawah dan kursi untuk dukungan lebih pada tubuh Anda. Ada banyak bantal khusus yang dapat membantu mengurangi sakit linu panggul, atau memberikan dukungan untuk leher, tulang belakang lumbal, bawah, dan tubuh. Mungkin Anda bisa memilihnya sebelum perjalanan jauh.

 

3. Jangan duduk di dompet Anda, ponsel atau yang mungkin membuang tulang belakang Anda lelah.

4. Bila Anda mengemudikan kendaraan pribadi, carilah sopir pengganti, agar Anda tak terlalu lelah.

5. Jika memungkinkan, duduk tegak dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul Anda.

6. Ubahlah posisi duduk tiap 15-20 menit, jangan terpaku hanya dalam satu posisi.

 

7-Bawa kantong isi es : Seka bagian tubuh yang nyeri 20 menit. Kebanyakan nyeri punggung disertai peradangan. Terapi es memperlambat pembengkakan, jaringan sakit mati rasa, memperlambat impuls saraf di daerah yang terkena, dan mengurangi kerusakan jaringan. Jangan langsung seka dengan es langsung, tapi dibungkus dengan handuk atau kain.

 

8-Terapi panas : Terapi es bergantian dengan terapi panas. Isi botol air panas dan tempatkan di bagian nyeri Anda. Atau beli bantal pemanas, yang bisa dihubungkan dengan adaptor mobil, sehingga Anda dapat plug in dalam perjalanan. Bisa juga sediakan paket gel hangat atau obat oles untuk sakit punggung.

 

9. Keluar dari mobil Anda untuk meregangkan tubuh : Berjalan di sekitar mobil untuk sedikit meningkatkan sirkulasi dan meregangkan otot punggung.

 

10. Jika sakit punggung Anda terasa tak tertahankan, berbaringlah sebentar (Penulis: Nessy Febrinastri/FAB; Sumber:Spine-Health; http://www.beritasatu.com/kesehatan/199083-tips-mengurangi-nyeri-punggung-dalam-perjalanan-mudik.html)-FatchurR

One Response to Nyeri punggung saat mudik

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Peregangan yang cocok adalah : Tarik nafas dengan perut digembungkan, tangan diangkat keatas. Sementara nafas ditahan, bungkukkan badan sambil badan serta leher dijulurkan sepanjang mungkin. Tekuk sampai mendekati lutut, kepala juga ditekuk menyentuh dada. Tahan beberapa hitungan lalu lepas nafas tahan bebrapa hitungan. Kembali keposisi semula, ulangi bebrapa kali sedikitnya 3 kali. Kerjakan setiap beristirahat mengemudi. Selamat Hari Raya Iedul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Taqobballahu Minal Wa Minkum, Taqobbal Ya Karim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita