logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Nyeri Dada gak selalu Tanda sakit Jantung

Nyeri Dada gak selalu Tanda sakit Jantung(cnnindonesia.com/gaya-hidup)-Jakarta; Penyakit jantung sering ditandai nyeri di bagian dada. Namun, tak semua nyeri dada itu termasuk gejala penyakit jantung. Nyeri dada biasa dan nyeri dada karena penyakit jantung akibat penyumbatan memiliki karakteristik berbeda. 

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Johan Winata menjelaskan nyeri dada (bukan karena sakit jantung saja) dapat disebabkan oleh semua bagian di area dada. Mulai dari lapisan paling atas seperti kulit, lemak, otot, tulang, paru2, jantung dan sistem pencernaan.
“Bagian dada dari luar ke dalam itu semua bisa menyebabkan nyeri” katanya dalam diskusi bersama media yang digelar RS Pondok Indah Group di Jakarta (10/7).

Pada penyakit jantung akibat penyumbatan pembuluh darah atau dikenal dengan jantung koroner gejala nyeri yang timbul memiliki perbedaan. Nyeri itu muncul akibat suplai darah tidak cukup dari atau menuju jantung. Biasanya hal ini dipicu setelah jantung bekerja lebih keras seperti setelah ber-OR.

Sebanyak 70% pasien merasa nyeri akibat penyumbatan pembuluh darah itu timbul dari belakang tulang dada yang terletak sedikit lebih ke kiri. Rasa sakit itu dapat menjalar hingga ke bagian yang lebih kiri, ke belakang atau punggung hingga ke leher. Rasa sakit yang ditimbulkan itu memiliki rasa yang berbeda.

“Pada sebagian orang nyeri dada akibat jantung koroner terasa seperti ter-tusuk2, tertimpa beban, di-remas2, hingga terbakar,” tutur Johan yang praktik di Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah ini. Pada 30% pasien jantung koroner lainnya rasa nyeri dada muncul lebih khas. Nyeri dada itu muncul di sebelah kanan dan terasa sampai ke ulu hati disertai mual dan muntah seperti sakit maag.

Pasien biasanya merasakan nyeri di bagian leher seperti tercekik, nyeri di bagian rahang dan ujung jari manis di tangan.  Menurut Johan, nyeri ini akibat penyumbatan pembuluh darah di bagian kanan.
“Pada 30% ini gejala yang timbul ber-beda2 sehingga sulit dideteksi,” ujar Johan.

Yang nyeri dada akibat penyumbatan pembuluh darah ini harus segera ke dokter untuk pemeriksaan dan perawatan. Nyeri dada karena serangan jantung terjadi karena gula darah yang tiba2 naik lalu membentuk gumpalan daran dan membuat pembuluh darah robek. Nyeri dada pada serangan jantung lebih berat dibanding akibat penyumbatan karena disertai keringat dingin, mual, muntah, dan pucat.

“Pada serangan jantung biasanya nyeri terjadi sangat hebat lebih dari 15 menit dan golden time penanganannya harus segera dibawa ke RS dalam kurun waktu 3 jam” ucap Johan. (Chs; Puput Tripeni Juniman; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180711102755-255-313187/nyeri-dada-tak-selalu-pertanda-sakit-jantung)-FatchurR *

One Response to Nyeri Dada gak selalu Tanda sakit Jantung

  • Cardio coroner dan cardio vascular, yg dulu sy sering bc dikoran kala msh agak muda, belakangan adanya internet, bisa ditelusuri disana. Tp sy tdk bakat dibidang kesehatan, jd kurang minat ya pokok asal tahu sj.
    Cardio coroner penyumbatan pembuluh darah jk tersumbat plak/kerak berasa sakit didada dg nafas berat, tp msh banyak waktu kedokter agar diobati, kemudian dipasang ring pembuluh darah yg istilah medisnya “stent” beres dan tdk berasa sakit. Lain halnya dg Cardio vascular, serangan jantung pd pembuluh darah balik, sakitnya bukan main sp org bisa kollaps pingsan, jk dlm 3 jam tdk ditangani mk dipastikan meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita