logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Multiple Sclerosis Penyakit yang diidap Artris Selma Blair

Multiple Sclerosis Penyakit yang diidap Artris Selma Blair (health.detik.com)-JAKARTA; Aktris senior Selma Blair mengaku dirinya mengidap Multiple Sklerosis (MS), pengakuan itu diungkap via akun medsos. Dia mengatakan, gejala dan efek MS telah dirasakan 15 tahun terakhir. Blair kerap jatuh, menjatuhkan sesuatu, dan sulit mengoordinasikan bagian tubuhnya.

Dikutip dari Healthline, MS adalah gangguan progresif yang terkait dengan kerja sistem imun. Sistem yang seharusnya bertugas menjaga tubuh, justru berbalik nenyerang organ yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Gangguan sistem imum ini merusak lapisan pelindung system saraf dan menyebabkan penurunan fungsi sel itu di otak dan tulang punggung. Akibatnya, koordinasi antara otak dan bagian tubuh lain terganggu.
MS itu penyakit dengan intensitas gejala yang tidak bisa diprediksi. Ada gejala2 sering menyertai pasien MS. Gejala itu mengalami gangguan buang air kecil, penglihatan, keseimbangan, kognitif, dan disfungsi sel. Pasien juga bisa mengalami disfungsi seksual, kelelahan, mati rasa, geli, kejang, dan sakit.

Penyakit ini lebih berisiko pada mereka yang punya riwayat dalam keluarganya. National MS Society menyatakan peluang populasi umum pengidap MS hanya 0,1%. Namun jumlah ini meningkat 2,5-5%  jika orangtua atau saudaranya mengidap MS.

Kembar identik berisiko 25% mengalami MS jika saudaranya mengidap penyakit ini. Sekitar 60-70% pengidap MS mengalami pengulangan gejala, sebelum penyakit ini berkembang perlahan dan stabil. Hingga kini, belum ada obat spesifik untuk penyakit MS. Fisioterapi dan obat hanya meringankan gejala serta membantu pasien menjaga kualitas hidupnya.

 

Blair menganggap penyakitnya tak bisa sembuh, jauh sebelum dokter menjatuhkan vonis MS. Meski begitu, Blair bertekad tetap memandang hidupnya dengan positif dan melakukan yang terbaik di masa penyembuhan. (wdw; Rosmha Widiyani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4267938/mengenal-multiple-sklerosis-penyakit-yang-diidap-aktris-selma-blair)-FatchurR

2 Responses to Multiple Sclerosis Penyakit yang diidap Artris Selma Blair

  • Sidharta says:

    Patut diberikan dua jempol kpd Blair atas sikapnya, meskipun MS telah menderanya, dia melakukan hal2 terbaik dlm masa2 penyembuhannya. Semoga Blair cepat tersembuhkan.

  • Fatkhur Rochman says:

    Orang berpenyakit danyang sibuk berbuat baik, umumnya diberi umur panjang. Karena bahagia dengan aktivitasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita