logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Merawat Luka diabetes

Merawat Luka diabetes(1health.id)- Penderita diabetes (DM) bisa saja memiliki luka. Luka pada penderita DM sulit sembuh. Ada yang mengalami penyebaran luka akibat tidak dirawat dengan baik. Ini biasanya akan berakhir tindakan amputasi. Sebaiknya hindari hal2 yang mengakibatkan luka. Misal memerhatikan hal2 sebagai berikut:

 

– Periksa bagian kaki tiap hari, terutama sela2 jari dan bagian bawah kaki. Pastikan kaki / bagian tubuh lain yang terkena luka selalu kering saat beraktivitas.

– Perhatikan kondisi sepatu dan kaus kaki sebelum digunakan, bila luka berada di bagian kaki. Benda kecil yang berbahaya bisa melukai kaki Anda dan memperparah luka.

 

– Segera berhenti merokok, sebab rokok bisa mengurangi sirkulasi darah menuju kaki.

– Segera periksakan kondisi kaki Anda ke dokter jika terjadi pembengkakan, kemerahan, melepuh, adanya luka, goresan, perdarahan, dan kuku yang berjamur.

 

Bila terlanjur memiliki luka dan parah, maka Anda perlu merawatnya agar luka tak jadi gangren yang bisa mengakibatkan pembusukan pada bagian itu. Gangren disebabkan oleh matinya jaringan karena suplai darah ke organ tubuh tidak berjalan dengan baik.

 

Akibatnya, sel2 kaki jadi mati sehingga menyebabkan luka biasa menjadi hitam dan membusuk. Agar terhindar dari risiko lebih buruk, penderita DM yang mengalami gangren dapat merawat luka agar tidak semakin parah. Berikut tips yang dapat dilakukan:

 

1-Bersihkan dan keringkan bagian kaki. Cara ini tahap awal bagi Anda untuk membersihkan luka diabetes. Pastikan seluruh bagian kaki dan sela2 jari kaki kering. Anda bisa gunakan kain lembut yang bersih untuk membersihkannya agar tidak terhindar dari bakteri.

 

2-Menutup luka. Lakukan pergantian perban 2xi dalam sehari dengan menggunakan kasa bersih yang dibasahi larutan NaCl dan dibalut disekitar luas luka. Setelah luka ditutup dengan kasa basah yang dicampur dengan NaCl, lalu ditutup kembali dengan kasa steril yang kering untuk selanjutnya dibalut.

 

3-Menggunakan antibiotik. Infectious Diseases Socety of America atau IDSA, (2012) merekomendasikan antibiotik pada infeksi kaki DM. Ada 5 jenis antibiotik seperti levofloxacin, amoxicillin clavulanate, ceftriaxone, clindamycin dan ampicillin sulbactam yang dapat digunakan diabetasi dengan luka gangren.

 

Antiobiotik ini berfungsi mengurangi nyeri pada luka dan mencegah terjadinya infeksi pada bagian luka. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis dan jenis antiobiotik yang tepat bagi luka Anda. (Bebby Sekarsari; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/cara-merawat-luka-diabetes.html)-FatchurR *

One Response to Merawat Luka diabetes

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Artikel diatas jk dikuti dg seksama, mk resiko amputasi bisa dihindari krn gangren tdk akan meluas shg luka membusuk. Dikalangan umum beredar dan katanya ada bukti empiris jk luka org diabetes, cukup diolesi minyak zaitun atau madu, bisa sembuh tinggal meredusir dlm tubuh dg cara minyak zaitun. Cara alternatif ini bisa dicoba, siapa tahu jk mmg bisa sembuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita