logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Merapikan Gigi Lebih nyaman Invisalign

Merapikan Gigi Lebih nyaman Invisalign(lifestyle.sindonews.com)-BEDA dengan behel, invisalign menawarkan solusi merapikan gigi tanpa rasa sakit dan pemasangan lebih singkat. Pemasangan behel/kawat gigi identik rasa sakit di rongga mulut, belum lagi kesulitan makan akibat sakit.

 

Individu harus bolak-balik ke dokter gigi mengontrol atau mengganti karet behel. Waktu pemakaian kawat gigi relatif panjang. Namun, mau tak mau pasien harus melakukan cara ini karena tidak ada metode lain merapikan gigi. Benarkah? Spesialis Ortodonsia RS Pondok Indah (RSPI) drg Irwin Lesmono memaparkan, kini ada cara lain untuk merapikan gigi jauh lebih mudah dan tidak menyiksa.

Dia kenalkan invisalign terbuat dari plastik khusus sehingga ketika digunakan hampir tidak terlihat dan bernilai lebih dibanding behel konvensional. Invisalign mudah dilepas, lebih sedikit rasa sakit, cukup dua bulan 1x check up, dan lebih bisa diprediksi kapan gigi akan rapi.

 

“Ketika mau makan bisa dilepas, setelah makan sikat gigi dan berkumur bisa dipasang lagi. Tidak sakit karena menggunakan plastik khusus, jadi tidak kencang seperti memakai behel dari besi,” ujarnya dalam diskusi yang diadakan RSPI Group.

Bentuk yang transparan dan menyelimuti gigi ini dicetak sesuai gigi pasien. Cara penggunaannya hanya dipasangkan pada rongga gigi atas maupun bawah. Namun, karena bisa dipasang dan dilepas, penggunanya harus disiplin memakainya agar hasilnya optimal.

Sebelum menggunakan invisalign, pasien ke dokter berkonsultasi. Setelah serangkaian scan , hasilnya dikirimkan ke AS dibuatkan clear aligner sesuai bentuk gigi. Tidak semua kasus bisa ditangani invisalign “Itu sebabnya harus diadakan konsultasi lebih dulu,” kata dr Irwin.

Invisalign cocok bagi yang ingin merapikan gigi tapi tidak punya banyak waktu kontrol ke dokter dan tidak ingin terlihat sedang menjalani proses perapian gigi. Mengingat, behel tidak estetik karena ada besi, terutama jenis metal, yang terlihat ketika senyum atau bicara.

“Invisalign ini plastik bening enak digunakan dan nyaman” kata dia. Pasien diminta mengganti plastik beningnya seminggu 1x sesuai jumlah plastik yang diberikan.” Jadi, untuk kasus ringan bisa butuh kurang dari 20 plastik. Tapi kasus berat bisa 60 plastik, tergantung kompleksitasnya,” ujar drg Irwin.

Biaya pemasangan invisalign tinggi, yakni USD5.000 atau Rp70,3 juta. Dengan biaya ke dokter yang lebih sedikit dan target keberhasilan terukur, metode invisalign harganya bersaing. Dibanding biaya behel dengan invisalign. Pemasangan behel bisa 5 tahun dan kunjungan ke dokter gigi antara 2-3 minggu 1x. Invisalign ada kasus yang hanya butuh 20 dan 36 minggu.

 

Ke dokter gigi hanya perlu 2 bulan 1x. Pada kesempatan sama, Dr drg Menik Priaminiarti SpRKG (K), Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi Konsultan RSPI, menyampaikan materi Pemeriksaan Radiografis untuk Diagnosis dan Rencana Perawatan Ortodonti.

Dalam presentasinya, dijelaskan, sebagian besar kelainan di bidang kedokteran gigi butuh pemeriksaan radiografis yang berguna menegakkan diagnosis dan rencana perawatan. Pemeriksaan radiografis di bidang kedokteran gigi bertujuan memperlihatkan struktur tulang rahang atas dan bawah, gigi, serta jaringan pendukung gigi.

“Berbagai teknik radiografi khusus di bidang kedokteran gigi saat ini berkembang pesat, yang berindikasi spesifik sesuai kasus” tandasnya. (don; Bahan : Koran Sindo dan https://lifestyle.sindonews.com/read/1374128/155/untuk-merapikan-gigi-lebih-nyaman-gunakan-invisalign-1548653383)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita