Menguak Mitos Gula Merah Lebih Sehat Dari Gula Putih

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Gula Merah salah satu jenis gula yang memberi rasa manis khas. Sejumlah mitos bermunculan mengenai gula merah, termasuk gula merah yang lebih sehat dibanding gula  putih. Mitos itu terbantahkan oleh fakta tentang gula merah.

 

Gula merah itu gula yang terbuat dari ekstrak tebu yang dikristalisasi, sama seperti gula pasir atau gula putih. Bedanya, gula merah ditambahkan sirup molase sehingga berwarna cokelat kemerahan.

 

Selain dua jenis gula ini, ada pula gula aren atau palm sugar yang terbuat dari nira. Gula aren belakangan ini tengah populer, apalagi kalau bukan karena aneka kopi racikan dengan tambahan gula aren. Setiap jenis gula memiliki kandungan tersendiri. Berikut mitos dan fakta seputar gula merah.

 

1-Mitos gula merah lebih bernutrisi dibanding gulaputih

Center for Food Safety menyatakan semua jenis, gula merah, gula putih, madu, sirup, mengandung nutrisi yang sangat mirip. Setiap 1 gram mengandung 4 kilo kalori energi dan sangat sedikit nutrisi lain.

 

Gula merah mengandung molase yang tidak dimiliki gula putih. Molase adalah sumber kalium. Akan tetapi, molase pada gula merah tidak berdampak signifikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

2-Mitos gula merah lebih sehat disbanding gula putih

Tubuh memetabolisasikan gula yang dikonsumsi secara merata. Asupan gula berlebih baik gula merah, maupun gula putih, madu, sirup dapat memberikan energi ekstra dan berdampak pada kesehatan.

 

“Gula merah tidak lebih sehat daripada gula putih, itu hanya mitos,” ungkap Moch Aldis Ruslialdi SKM CNWC, Certified Nutrition and Wellness Consultant Nutrifood dalam webinar, Selasa (16/6).

 

Gula merah Gula Merah lebih sehat karena efek pada tubuh tergantung banyaknya gula yang dikonsumsi. Kemenkes merekomendasikan konsumsi gula 50 gram sehari atau 4 sdm. Konsumsi gula  berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

 

“Yang bikin berbahaya dalam gula itu kandungan kalori tinggi dalam gula. Gula pasir jawa dan batu hampir sama. Secara intake kalori dalam hubungan ke gula darah itu sama saja.” Sebagai perbandingan, berdasarkan data USDA, jumlah kalori 1 sendok teh gula pasir adalah 16 kkal, gula palem atau gula jawa adalah 10 kkal, dan brown sugar adalah 15 kkal.

 

(ptj; chs; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200617154134-262-514363/menguak-mitos-gula-merah-lebih-sehat-daripada-gula-putih)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita