logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal Tumor pada Anak dari Putra MZ

tumor otak(krjogja.com)- ANAK kedua dari pasangan Marcella Zalianty dan Ananda Mikola, Ayrton Maggali Soeprapto dikabarkan harus berjuang dengan tumor otak. Ini dari cerita yang dibagikan artis Happy Salma melalui Instagram Story pribadinya.

 

Sang ayah dan paman, Moreno Soeprapto menulis pesan berisi semangat pada bocah yang sebentar lagi berusia (5) di akun medsosnya. Anak yang disapa Maggali itu divonis mengidap tumor otak (Nov-2014). Setelah rangkaian perawatan, dirinya sembuh dan bisa menjalani kehidupan normal. Kini, Maggali harus terbaring di RS sirawat kembali.

 

Melansir Mayo Clinic, (29/6/18), tumor otak pada anak karena ada massa atau pertumbuhan sel abnormal di otak atau jaringan dan struktur di dekatnya. Tumor anak banyak macamnya. Ada yang  bersifat non-kanker (jinak) dan beberapa ganas. Belum diketahui pasti tumor otak jenis apa yang menyerang Maggali.

 

Perawatan dan peluang pemulihan tumor otak pada anak tergantung jenis, lokasi di otak, persebaran sel, usia anak, dan kondisi kesehatannya. Jadi, perawatannya berbeda dari pengobatan tumor otak dewasa. Tanda dan gejala tumor otak pada anak, muncul bervariasi dan bergantung jenis tumor otak, ukuran, lokasi, serta laju pertumbuhan. Gejala awal dari anak itu muntah2 dan kejang.

 

Gejala lain meliputi sering sakit kepala yang tambah parah, terasa ada tekanan di kepala, mual, serta  masalah penglihatan, daya ingat, dan pendengaran. Ada gejala lain seperti kesulitan berbicara, makan, menelan, dan berjalan serta kehilangan keseimbangan dan sensasi di kaki atau lengan.

 

Tumor otak anak biasanya tumor otak primer bermula di otak atau di jaringan didekatnya. Tumor otak primer dimulai ketika sel-sel normal mengalami mutasi DNA. Mutasi2 itu memungkinkan sel-sel tumbuh dan membelah dengan laju yang meningkat sehingga membuat sel-sel sehat mati.

 

Akhirnya terbentuk massa sel abnormal yang mengakibatkan tumor. Tumor otak anak juga terjadi bila ada riwayat keluarga. (Agregasi okezone.com; Bahan dari : http://krjogja.com/web/news/read/70494/Mengenal_Tumor_Otak_pada_Anak_Penyakit_Putra_Marcella_Zalianty)-FatchurR *

One Response to Mengenal Tumor pada Anak dari Putra MZ

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Mendengar kata tumor sj sdh mengerikan, terutama yg ganas (kanker) dibagian organ tubuh lainnya, merupakan mimpi terburuk. Pasca operasi msh terus dirawat dan diawasi ketat, biasanya bisa tumbuh lagi yg jenis kanker nya beda dg yg sdh dioperasi, praktis obat yg digunakan berdeda. Spt tumor otak anak MZ yg sembuh dlm pengobatannya, tetap hrs rutin kontrol jk ditemukan yg baru mumcul, mk prosesnya spt yg awal yakni dilakukan pengecekan pendahuluan mengenal jenis kankernya, baru bisa menentukan obat apa yg cocok.
    Rumit tapi mmg begitu prosdurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita