logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal Kanker Usus dan upayanya(1/3)

kanker ususSuatu hari saya menerima WA dari senior yang saya lupa nama, angkatan dan kapan. Bagi saya itu kurang penting, cukup substansinya. Tapi pasti WA ada yang isinya : Pagi kawan semua . Aku harus WA lagi dan sadar bahwa hidup  harus bersemangat. Istri mengatakan biar terhibur gitu .

 

Aku usahakan terhibur walau apa yang terjadi maaf kawan aku belum mampu mengatakan mungkin 1 atau 2 hr aku akan cerita tetap semangat dan sehat slalu Amin

 

Berita dua hari kemudian : Pagi kawanku semua . Sehat selalu dan tetap semangat. Mohon maaf aku mau cerita kok gak aku kirim WA .

 

Kawan aku divonis dokter SpPD kena kanker ringan di dalam usus melihat hasil Koloscopi ada benjolan 7 cm dan harus dioperasi dipotong usus sampai dubur dan selama hidup pakai selang bila berak . Saat aku dengar ini terasa aku bingung dan kaget gak bisa tidur achirnya aku pasrah.  Kalau ini jalanku . Dulu sempat aku minta mati umur 50th; saat itu aku 40th.

 

Aku dihormati dan dihargai orang2 karena aku sukses dalam usaha. Karna disaat kecil hidupku menderita bersama ibuku . Setelah aku sukses, merasa cukup hidupku karena rahmat Tuhan sudah aku nikmati. Terus cari apa lagi . Saat umur 50th aku menderita lupus dan sudah dikasih perpanjangan hidup sampai sekaraang .

 

Maka nanti bila aku dikasih sehat puji Tuhan tapi bila aku mati aku bahagia bisa ketemu istriku dan orang tuaku . Nenek kakekku serta famili dan sahabat2ku yang baik gitu semoga kawan2 semua diberkati sehat damai sejahtera amin.

 

Mungkin Tuhan menghendaki aku kalau nanti sehat walau ususku harus berak melalui selang dan kantong aku tetap berlatih dengan semangat biar menjadikan orang2 yang kurang semangat tahu bahwa hidup tetap semangat serta menjadikan berkat itu perasaanku amin;

 

Karena saya tidak tahu pasti kondisi kesehatan yang bersangkutan, maka berikut saya sertakan uraian lain dari (regional.kompas.com) dalam tiga seri, semoga ada gambaran tentang penyakit ini dan semoga sahabat saya itu diberikan semangat dan kelancaran dalam langkah berikutnya:

 

Pamor kanker usus besar diperkirakan makin menanjak. Sekitar 15% kasus kanker baru ittu kanker jenis ini. Kanker ini ditetapkan sebagai penyebab kematian no. 2 akibat kanker.

 

Menurut Dr. Aru Wisaksono Sudoyo dan dr. Fajar Firsyada dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI), deteksi dini adalah langkah penting setelah pencegahan dalam mengatasi kanker usus besar. Jika seseorang punya gejala2 kanker usus besar, sebaiknya lakukan pemeriksaan kolonskopi.

 

“Deteksi sedini mungkin itu dianjurkan untuk mengetahuinya. Harapan hidup lebih panjang dipengaruhi faktor kecepatan di langkah2 ini,” ujar Dr. Aru dalam Patients Gathering II Indonesian Ostomy Association (InOA) dan YKI di Hotel Le Meridien, Sabtu (20/6).

 

Menurut Dr. Aru, tanda2 dan gejala kanker usus besar itu ada darah dalam kotoran, perubahan pola defekasi, nyeri perut di sebelah bawah yang tidak hilang serta bentuk kotoran (feses) yang panjang dan seperti pensil.

 

Selain itu ambeien bisa jadi tanda awal penderita kanker usus besar. “BAB berdarah tak selalu identik  kanker namun jika terjadi melulu, maka waspadalah” tambah dr. Fajar. Jika ada perubahan pola buang air besar (BAB) : Sulit BAB dan diare kronis, maka seseorang harus sadar segera ke dokter. Apalagi, jika muncul gejala kanker, seperti lemah, berat badan turun, dan anemia.

 

Salah satu penderita kanker usus besar, dr. Sugiharto (31), menegaskan sama. April-2008, BAB-nya berdarah, ada lendir dan akhirnya dirinya tidak bisa BAB sama sekali. “Awal Mei, dilakukan kolonskopi, hasilnya kanker,” tutur dr. Sugiharto.

 

Sapto mengatakan gejala awal mirip penderita ambeien. Untungnya setelah pindah2 tempat periksa, dokter terakhir curiga bahwa Sapto tidak menderita ambeien namun tanda kanker usus besar. (Bahan dari  : http://regional.kompas.com/read/2009/06/20/13022418/kenali.gejala.kanker.usus.besar)-FatchurR

6 Responses to Mengenal Kanker Usus dan upayanya(1/3)

  • Harry Reksosamudra says:

    Gejala dlm artikel ini persis spt yg diderita sobat AMIGO pak HE, tp hal tdk bisa BAB blm terdengar. Yg terakhir BAB keluar 4 x baru faecesnya, terus di kolonskopi, diputuskan usus hrs dipotong dan dipasang kantong dll
    Awalnya terkena nyeri lambung, seharusnya mkn bubur diberi air ckp banyak utk diambil tajinnya buat diminum, shg adanya iritasi dilambung/usus bisa disembuhkan.
    Iritasi/inflamasi organ dalam berpotenai jd tumor, ini yg hrs dicegah, baik oleh obat dokternya maupun upaya sendiri (minum air tajin) yg tdk komplikasi dg obat dokter
    Inilah saran sy bagi sobat lainnya, mudah2an berguna buat kesehatan tubuh

  • Harry Reksosamudra says:

    Ini komment kedua, yg kesatu nyasar ?

  • Fatkhur Rochman says:

    Terima kasih sarannya

  • Harry Reksosamudra says:

    Iya cak sdh sulit msk Web, abis gitu nyasar2 ya terpaksa cuti sementara, lha ini tak coba lagi moga2 lancar cak

  • Fatkhur Rochman says:

    Di tempat saya buka web lancar pak

  • Harry Reksosamudra says:

    Tolong tanya cak apa jamming dr instansi TNI bisa akibatkan signal ato wifi terpengaruh ?
    Juga apa lapisan alluminium foil dibawah genteng bisa hambat internet ato signal hp ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita