Memutihkan Gigi

Giigi putih cantikKOMPAS.com – Senyum yang cerah dengan gigi yang lebih putih akan meningkatkan rasa percaya diri. Namun, kebiasaan mengasup makanan atau minuman tertentu dapat membuat gigi berwarna lebih kecoklatan.

Meskipun gigi bisa diputihkan kembali dengan prosedur yang dilakukan oleh dokter gigi, sebenarnya ada beberapa cara mudah dan murah untuk memulihkan kilau putih alami gigi.

1. Gunakan soda kue sebagai pasta gigi dan pemutih
Bahan tambahan untuk membuat kue ini telah lama digunakan sebagai pengganti pasta gigi dalam membersihkan gigi. Namun soda kue juga dapat berfungsi sebagai pemutih gigi. Senyawa kimia dalam soda kue bersifat abrasif ringan sehingga dapat menghilangkan permukaan tipis pada gigi. Namun karena sifat abrasifnya tersebut, soda kue sebaiknya digunakan hanya sekali atau dua kali dalam sebulan.

2. Kunyah permen karet
Mengunyah permen karet bebas gula akan membantu mengurangi kadar asam dan bakteri dalam mulut. Aksi mengunyah akan merangsang mulut memproduksi lebih banyak liur yang mengandung enzim untuk melindungi gigi dari noda.

3. Banyak kunyah buah dan sayur segar
Selain menyehatkan tubuh, buah dan sayur segar bisa berfungsi untuk membersihkan gigi dan memutihkannya. Apalagi buah dan sayur yang dimakan bertekstur renyah seperti apel, wortel, atau seledri.

Jeff Golub-Evans, dokter gigi dari New York City mengatakan, makanan yang tinggi selulosa, seperti apel, wortel, atau seledri bersifat abrasif alami. Sementara bayam, brokoli, dan selada juga mengandung senyawa mineral yang membantu pembentukan lapisan terluar gigi sehingga mencegahnya dari noda.

4. Makan keju dan produk susu
Keju dan produk susu mengandung kalsium tinggi yang baik untuk kesehatan gigi. Asam laktat pada produk susu juga berperan sebagai penguat enamel gigi yang mencegahnya dari keropos, serta menjaganya tetap putih.

5. Usapkan stroberi ke gigi
Jika menyukai rasa stroberi, maka buah ini bisa diusapkan ke gigi atau dicampurkan dengan pasta gigi. Ini karena buah ini mengandung vitamin C alami dosis tinggi yang membantu menghilangkan plak di atas permukaan gigi yang menyebabkannya terlihat kecoklatan.

6. Menarik kotoran dengan minyak
Metode ini dikenal dengan juga dengan istilah Ayurvedic remedy. Fungsinya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dengan menggunakan minyak untuk menarik kotoran di gigi. Berkumur dengan minyak kelapa atau bunga matahari secara singkat di pagi hari sebelum sarapan dipercaya dapat menghilangkan plak dan racun di mulut.

 

 

Sumber :
Editor :
Lusia Kus Anna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita