ratusan bunga mekar bersama

Memilih Sabun Aman Untuk Kulit (cnnindonesia.com)-Jakarta, Dokter spesialis kulit dan kelamin Fitria Amalia Umar mengatakan ada hal hal yang harus diperhatikan dalam memilih sabun, (untuk badan atau untuk wajah).
Jika sembarang memilih, kulit bisa tidak sehat dan berkurang elastisitasnya. Salah satu dampaknya,  penuaan dini pada kulit. Hal pertama yang bisa dilakukan memilih sabun dengan tingkat keasaman atau kebasaan (pH) yang sesuai dengan kulit. Fitria menganjurkan memilih sabun yang memiliki pH di bawah 7 karena kulit sendiri mempunyai pH sekitar 3 sampai 4.
“Kalau bisa pH-nya di bawah 7. Kalau pakai pH tinggi bisa mengikis kelembapan alami kulit. Kalau kelembapan alami kulit terangkat, apalagi pemakaian rutin, kulit akan menjadi kering,” kata Fitri saat ditemui usai acara peluncuran produk sabun baru di Mal Grand Indonesia, kemarin.
Ketika kelembapan alami kulit terangkat dan kulit jadi kering, bahan iritan yang bisa merusak kulit lebih mudah untuk masuk. Hal itu menyebabkan inflamasi atau peradangan. Tapi, sayangnya, sangat jarang produk yang mencantumkan derajat keasaman atau kebasaannya dalam kemasan. Sehingga sulit untuk membedakannya sebelum mencoba produk tersebut.
Mau tak mau, kandungan pH dalam sabun bisa diketahui setelah pemakaian produk. Kata Fitria, sabun yang memiliki banyak busa saat dipakai mengandung pH yang lebih tinggi. “Kalau yang pH-nya tinggi berarti basa, itu banyak detergennya. Biasanya setelah pemakaian, kulit terasa terlalu kesat,” ujar Fitria.
Berbeda dengan sabun yang mengandung pH rendah. Untuk sabun ber-pH rendah, Fitria mengatakan biasanya kandungan moisturizer di dalamnya lebih banyak sehingga bisa menjaga kelembapan kulit.  “Biasanya busanya tidak terlalu banyak.  Setelah pemakaian juga kulit tidak terlalu kering,” kata dia.
Selain busa, aroma juga bisa dijadikan indikator untuk memilih sabun. Fitria menyarankan, untuk pemakaian sehari-hari jangan memilih sabun yang terlalu tinggi parfumnya, atau terlalu wangi. “Soalnya parfum bahan iritan. Kalau kulit sensitif bisa menyebabkan masalah. Tapi kalau kulit normal jarang terjadi masalah,” ujar Fitria.
Yang penting, sebelum memilih produk tertentu harus mengenal jenis kulit Anda terlebih dahulu. Sebab, kulit setiap orang berbeda-beda. Yang bisa merasakan sehat atau tidaknya kulit adalah diri sendiri.

 

(utw/utw; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151008101431-277-83645/tips-memilih-sabun-yang-aman-untuk-kulit)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
alamo
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar