logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mata sering berair mungkin karena terkena Autoimun

mata sering berair (lifestyle.okezone.com)-MATA; organ tubuh manusia paling sensitif. Bahkan, masalah kecil seperti kelilipan membuat mata sakit, berair dan tidak nyaman.  Kelilipan jadi salah satu penyebab kenapa mata Anda selalu berair.

 

Selain kelilipan, terlalu lama di depan komputer, berkendara, mengupas bawang, menguap, atau tertawa ter-bahak2 juga menyebabkan mata berair. Penyebab2 itu hal wajar. Namun, bila terus-menerus mata berair bisa jadi ada gangguan pada mata. Mengutip dari Boldsky, (25/9/18), inilah penyebab mata terus berair.

 

Sindrom mata kering

Sindrom mata kering itu penyakit jaringan mata jadi kering karena terlalu sering menggunakan gadget atau terkena debu. Hal ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh menghasilkan air mata yang berlebih untuk mencegah keringnya jaringan mata. Sindrom mata kering ditandai gejala iritasi, gatal, dan sering berkedip.

 

Mengonsumsi obat

Studi penelitian menemukan obat2an tertentu, seperti obat alergi (antihistamin), obat jerawat, antidepresan, obat Parkinson menyebabkan kekeringan mata. Akibatnya merujuk ke sekresi kelebihan air mata dari respon sistem kekebalan tubuh karena obat tersebut.

 

Penyakit Autoimun

Penyakit ini menyerang sel2 sehat di tubuh yang menyebabkan mata berair. Penyakit autoimun, seperti sindrom Sjogren mempengaruhi kelenjar yang mengeluarkan air dari mata. Sindrom Sjogren mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar liur dan air mata. Sindrom ini membuat mata jadi lebih kering, meradang, iritasi dan produksi air mata yang berlebih.

 

Kelenjar air mata tersumbat

Mata manusia memiliki kelenjar (saluran kecil) yang menghasilkan air mata untuk menjaga mata tetap lembap dan sehat, serta berfungsi membuang kotoran yang masuk ke mata. Efek pousi, infeksi dari pemakaian kosmetik mata dapat membuat saluran air mata tersumbat. Mata jadi lebih kering, iritasi, dan menyebabkan produksi cairan berlebih. Oleh karena itu mata Anda lebih sering berair.

 

Alergi

Beberapa orang yang alergi terharap debu, tungau, asap, serbuk sari, bulu hewan, dan alergi lain menyebabkan jaringan mata meradang dan mata berair. Alergi mata biasanya disertai gejala seperti gatal dan kemerahan. Walaupun tidak semua orang mengalaminya.

 

Obat tetes mata

Sebagai obat mengatasi berbagai kondisi mata seperti infeksi, mata kering, kemerahan biasanya oran menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya. Tetapi perlu diketahui obat tetes mata tertantu bisa menyebabkan reaksi negatif seperti peradangan dan mata terus berair.

 

Infeksi mata

Ketika mata terinfeksi bakteri/virus selain menyebabkan mata kemerahan, gatal, iritasi, mata juga mengalami kelebihan sekresi air mata. Jika tidak diobati tepat waktu, Anda akan terus mengalami mata berair. (rzy; Firda Janati; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2018/09/25/481/1955220/mata-sering-berair-hati-hati-bisa-jadi-kamu-terkena-autoimun)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita