Manfaat kopi non kafein

kopiTEMPO.CO, Maryland-Penelitian terbaru menunjukkan minum kopi tanpa kafein sama manfaatnya dengan minum kopi biasa untuk menjaga kesehatan hati. Terlepas dari minum kopi tanpa kafein atau biasa, orang-orang yang diteliti dan minum kopi dalam kadar besar tiap hari memiliki tingkat enzim hati abnormal yang lebih rendah. Hal ini menunjukkan bahan kimia dalam kopi, selain kafein, dapat membantu hati.

Penelitian lain menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes, penyakit jantung, penyakit hati berlemak non-alkohol, sirosis, dan kanker hati. “Penelitian sebelumnya menemukan minum kopi memiliki efek perlindungan pada hati,” kata pemimpin penelitian, Dr Qian Xiao, dari National Cancer Institute di Bethesda, Maryland.

 

Dalam sebuah pernyataan dia sebagaimana dikutip dari Livescience, Kamis, 9/10/2014. “Namun bukti tersebut tidak jelas apakah manfaat itu dapat diperluas ke kopi tanpa kafein.” . Untuk menjawab pertanyaan itu, Xiao dan rekan-rekannya menggunakan data dari National Health and Nutrition Examination Survey–surveinya dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit–untuk menilai kesehatan orang yang tinggal di Amerika Serikat.

 

Dalam survei ini, peserta tidak hanya diwawancarai. Mereka juga menjalani pemeriksaan fisik, termasuk tes darah. Para peneliti melihat pada sekitar 27.800 orang berusia 20 tahun atau lebih tua yang melaporkan berapa banyak kopi yang mereka konsumsi selama 24 jam terakhir.

 

Tim juga melihat sampel darah mereka untuk beberapa penanda kesehatan hati, termasuk alanine aminotransferase (ALT), aspartate aminotransferase (AST), alkaline phosphatase (ALP), dan gamma-glutamyl transaminase (GGT). Peningkatan kadar enzim hati mungkin merupakan tanda dari kerusakan hati atau peradangan.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang minum tiga atau lebih cangkir kopi sehari memiliki tingkat lebih rendah dari keempat enzim ini dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi apa pun. Anehnya, tidak masalah apakah seseorang minum kopi reguler atau kopi tanpa kafein: efek pada tingkat enzim hati hampir identik.

“Temuan kami menghubungkan asupan kopi total dan tanpa kafein dengan penurunan kadar enzim hati,” kata Xiao. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi komponen kopi apa yang bertanggung jawab untuk efek ini, katanya.

Studi ini akan diterbitkan dalam jurnal Hepatology edisi mendatang. (http://www.tempo.co/read/news/2014/10/11/061613496/Kopi-Biasa-dan-Nonkafein-Baik-untuk-Hati)-FatchurR

One Response to Manfaat kopi non kafein

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Buat saya lebih sreg minum kopi berkafein, tetapi sekarang saya kurangi dari sehari 3 sampai 4 mug, menjadi hanya 1 mug dipagi hari sampai makan pagi.

    Ada penelitian lain menemukan kopi menghambat penyerapan edible kalsium, jadi beresiko merapuhkan tulang. Membaca hasil penelitian seharusnya menyeluruh, disatu penelitian kopi menguntungkan untuk keperluan tertentu dipenilitian lain merugikan fungsi tertentu. Jadi minum kopi apapun ya minum, jangan berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita