logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makanan Yang Membantu Proses Pembekuan Darah

Makanan Yang Membantu Proses Pembekuan Darah (1health.id)-Selain pengobatan, nutrisi bagian penting yang tak boleh dilewatkan dalam merawat penderita hemofilia. Hemofilia adalah penyakit yang menyebabkan tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan dalam proses pembekuan darah.

 

Beberapa jenis makanan disarankan diberikan ke penderita hemofilia. Hemofilia tidak dapat disembuhkan, namun ber-jenis2 makanan dapat membantu proses pembekuan darah, dan membantu mengurangi risiko perdarahan yang berlebihan. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

 

Makanan yang mengandung Vitamin K

Asupan nutrisi makanan yang kaya vit-K membantu mengatasi efek hemofilia. Vit-K berperan dalam pembentukan protrombin yang berperan dalam proses pembekuan darah.

 

Selain itu, vit-K berperan dalam pembentukan glikogen yang dapat meningkatkan fungsi hati saat proses pembekuan darah. Anda dapat menyajikan makanan yang kaya vit-K seperti bayam, kedelai, roti gandum, dan brokoli.

 

Makanan yang mengandung Vitamin C

Vit-C dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vit-C juga membantu pembekuan darah. Asupan vit-C juga membantu tubuh memproduksi kolagen yang berperan mengurangi memar berlebihan berkaitan penyakit hemofilia. Ada banyak buah dan sayuran kaya vit-C yang dapat disajikan untuk penderita hemophilia : Apel, stroberi, kiwi, pepaya, nanas, jeruk, bayam, kubis, dan paprika.

 

Makanan tinggi Kalsium

Kalsium, mineral yang dibutuhkan mendukung kesehatan tulang dan gigi. Mineral juga mendukung pembentukan trombosit dan pembekuan darah. Konsumsi makanan kaya kalsium dapat membantu mencegah luka dengan perdarahan berlebihan pada penderita hemofilia.

 

Beberapa sumber makanan kaya kalsium dapat diperoleh dari produk susu (hewani maupun nabati), tahu, asparagus, dan brokoli. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari :  siloamhospitals.com dan https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-makanan-yang-membantu-proses-pembekuan-darah.html)-FatchurR *

2 Responses to Makanan Yang Membantu Proses Pembekuan Darah

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Hemofilia penyakit kelainan darah yg kekurangan zat pembekunya, beresiko aplgi jk luka terbuka dimn darah terus mengalir keluar dr lukanya. Jg jk memar tetap terjadi pendarahan yg malahan bisa berakibat jd tumor, oleh krnnya upayakan dg asupan banyak ptotein shg darah lbh cepat beku, menutup lukanya.

  • fatkhurr says:

    Pola hidup sehat perlu diterapkan, sebagai bagian dari preventif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita