logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makanan harian yang bisa menyebabkan Kanker

Makanan harian yang bisa menyebabkan Kanker (cnnindonesia.com)-Jakarta, Tanpa disadari, makanan yang dikonsumsi se-hari2 dapat memicu berkembangnya penyakit Kanker. Penyakit kanker yang mematikan itu muncul lantaran perkembangan sel yang jadi ganas.

Perubahan sel itu banyak dikaitkan hal2 seperti paparan karsinogen, radiasi, obesitas, peradangan, hingga virus. Selain itu, makanan olahan2 tertentu juga dikaitkan kanker. Mengonsumsi makanan ini memicu tumbuhnya kanker tubuh. Berikut lima makanan harian yang dapat menyebabkan kanker.

 

1-Popcorn
Popcorn yang dibuat melalui proses pemanasan di microwave mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker. Environmental Protection Agency (EPA) AS mendapat asam perfluorooctanoic di dalam popcorn yang bersifat karsinogenik.

Dikutip dari Breast Cancer Charities, beberapa studi juga mengaitkan senyawa dalam makanan olahan jagung ini dapat menyebabkan tumor.

 

2-Olahan Daging mentah
Sosis dan hot dog terdengar menggugah selera. Olahan daging merah ini mengandung senyawa karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Pemanggangan juga dapat mengubah struktur kimia daging merah yang dapat memicu penyakit kronis ini. Mengonsumsi olahan daging merah banyak dikaitkan dengan risiko kanker usus.

 

3-Makanan Kaleng
Dikutip dari The Truth About Cancer, makanan kaleng mayoritas mengandung senyawa bisphenol-A (BPA) yang terbukti mengembangkan sel kanker. Penelitian menunjukkan, BPA dapat mengubah sel otak pada tikus. BPA ini banyak digunakan sebagai senyawa untuk produksi plastik, kertas, dan saluran air.

 

4-Tepung Rafinasi
Tepung, salah satu bahan umum dalam makanan2 olahan : Kue, roti, dan aneka gorengan. Namun, kandungan karbohidrat tepung ini sulit diolah tubuh dan dapat berkembang menjadi sel kanker. Studi yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology menemukan, konsumsi rutin karbohidrat olahan ini dikaitkan peningkatan risiko kanker payudara pada wanita.

 

5-Gula Rafinasi
Sama seperti tepung, gula rafinasi ini juga memicu pertumbuhan sel kanker. Pemanis terbukti membuat proses metabolisme sel berjalan agresif. Gula jenis ini membuat produksi insulin melonjak dan menjadi sasaran empuk bagi pertumbuhan kanker. (ptj; asr; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181025130550-255-341353/makanan-sehari-hari-yang-dapat-sebabkan-kanker)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita