logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Makan Udang Dan Vit-C Bersamaan Bisa Picu Kematian?

Makan Udang Dan Vit-C Bersamaan Bisa Picu Kematian(doktersehat.com)-Saat mengkonsumsi udang, banyak orang pilih tidak pesan minuman jeruk atau minuman dengan kandungan vitamin C lain karena khawatir karena bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, bahkan bisa meninggal dunia. Apakah hal ini benar adanya?

 

Pakar kesehatan menyebutkan anggapan konsumsi udang dan vitamin C bersamaan berbahaya ini disebabkan dugaan kandungan arsen pada makanan laut bisa bereaksi saat tercampur vitamin C dan menyebabkan masalah. Arseni adalah senyawa kimia yang berbahaya andai masuk ke tubuh dalam jumlah tertentu.

 

Senyawa dalam makanan laut layaknya udang, kerang, dan makanan2 laut lain ini bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya mual-mual, muntah, nyeri pada perut, diare, kesemutan, kram perut, hingga kejang-kejang atau bahkan kematian.

 

Hingga kini, belum ada satu kasus/penelitian yang membuktikan konsumsi udang dan vit-C bersamaan bisa memicu kematian. Hal ini disebabkan oleh air laut yang hanya memiliki kandungan arsen 1-2 mikrogram setiap liternya. Padahal, untuk menyebabkan kematian, setidaknya harus ada 70-200 mg yang masuk ke tubuh.

 

Ini berarti, konsumsi makanan laut berjumlah wajar tidak menyebabkan keracunan arsen atau memicu kematian. Isu yang menyebutkan vit-C bisa menaikkan kadar arsen di dalam tubuh dengan signifikan itu  tidak benar adanya karena vitamin C tidak memiliki kemampuan tersebut.

 

Pakar kesehatan menyebutkan udang termasuk makanan yang bermanfaat bagi tubuh, khususnya dalam menyediakan sumber protein. Vit-C mampu berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membuat daya tahan tubuh kita makin kuat.

 

Hal ini berarti, kita tidak perlu khawatir lagi saat mengkonsumsi udang dan minuman dengan vitamin C secara bersamaan. (dr. Susan P=84; Bahan dari : https://doktersehat.com/benarkah-makan-udang-dan-vitamin-c-bersamaan-bisa-memicu-kematian/)-FatchurR *

One Response to Makan Udang Dan Vit-C Bersamaan Bisa Picu Kematian?

  • Harry Reksosamudrasam7 says:

    Hoax mkn udang minum jeruk nipis, bisa mengakibatkan keracunan arsenik, sll sj dihembuskan lebih sering dr yg lainnya. Ini membuat org sedikit yakin buat sebagian org shg menghindari kombinasi dg es jeruk nipis yg segar jg menghilangkan rasa amis dimulut. Ternyata dlm penelitian para ahlinya, tdk ada kemungkinan arsenik didlm udang lgs bertambah kadarnya, shg bikin org mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita