Kulit manggis, bermanfaat untuk diabet(1)

buah manggisDalam diskusi di grup WA, para Alumni senior, ngrembug tentang manfaat kulit manggis sebagai berikut :  Saya mendapat cerita dari ketua lingkungan yang isterinya Diabetasi, mendapat luka dikaki sudah divonis amputasi, disertai dengan doa dia memberi minuman isterinya rebusan kulit manggis.

 

Selain merasa segar dibadan, sembari dibersihkan lukanya yang (maaf) sudah berbau dirumah sakit, setelah dibersihkan ternyata dari lukanya masih mengeluarkan darah bisa diartikan masih terdapat jaringan yang masih bekerja, lama kelamaan tumbuh daging sehingga tidak jadi dioperasi.

 

Sekarang kondisi lukanya sudah sembuh total tetapi menjadi trauma takut mendapat luka lagi dikaki saat ini isterinya tidak mau banyak jalan (trauma mungkin karena lukanya selama 1 tahun). Cerita ini barangkali bisa bermanfaat bagi teman2 yang Diabetasi.

 

Pesannya minum rebusan kulit manggis pakai takaran sendiri, jangan berlebihan bisa mengakibatkan ukuran gula darahnya menjadi sangat rendah seperti yang disampaikan ketua lingkungan saya, karena berlebihan isterinya sempat pingsan (Ary Gang Pen-P65).

 

Catatan dan tambahan :

Khasiat Kulit Manggis Untuk Penderita Penyakit Diabetes Melitus (DM) adalah dengan menurunkan kadar gula dalam darah. Mengapa kulit manggis berkhasiat untuk penyembuhan diabetes melitus ? Apa itu diabetes melitus ? Apa saja tingkatan dalam penyakit diabetes melitus ?
DM dari kata Yunani diabaínein, (“tembus” atau “pancuran air”), dan dari kata Latin mellitus berarti “rasa manis”. Di Indonesia (dan negara berbahasa Melayu) lebih dikenal “Kencing manis”. DM adalah penyakit yang ditandai peningkatan kadar gula darah (hiperglisemia) terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah makan.

 

khasiat kulit manggis untuk diabetesSumber lain menyebutkan diabetes mellitus adalah keadaan hiperglikemia kronik disertai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan komplikasi kronik pada mata, ginjal, dan pembuluh darah, disertai lesi pada membran basalis dalam pemeriksaan dengan mikroskop elektron.

Gejala semua jenis DM mirip dan komplikasi pada tingkat lanjut. Hiperglisemia menyebabkan dehidrasi dan ketoasidosis. Komplikasi jangka lama termasuk penyakit kardiovaskular (risiko ganda), kegagalan kronis ginjal (penyebab utama dialisis), kerusakan retina, menyebabkan kebutaan, dan kerusakan saraf menyebabkan impotensi dan gangren dengan risiko amputasi. Komplikasi lebih serius, bila kontrol kadar gula darah buruk.
3 Jenis Diabetes Melitus :
Diabets Tipe 1, biasanya terdiagnosa sejak usia kanak-kanak. Tubuh penderita sedikit menghasilkan insulin atau sama sekali tidak menghasilkan insulin. Karena itu untuk bertahan hidup penderita harus mendapat suntikan insulin setiap harinya. Tanpa pengaturan harian, kondisi darurat dapat terjadi.

Diabetes Tipe 2, ditemui daripada DM type 1 dan mencapai 90% atau lebih dari kasus diabetes. Biasanya terjadi di usia dewasa. Pada tipe-2 ini, pankreas tidak cukup membuat insulin untuk menjaga level gula darah tetap normal, seringkasili disebabkan tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulinnya.

 

Kebanyakan orang tidak menyadari telah menderita dibetes tipe-2, walau keadaannya sangat serius. Diabetess type 2 sudah menjadi umum dialami didunia maupun di Indonesia, dan angkanya terus bertambah akibat gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan dan malas berolahraga.

Gestational diabetes, adalah kondisi gula darah yang tinggi yang terjadi pada masa kehamilan, terjadi pada orang yang tidak menderita diabetes. Umumnya kembali normal setelah masa kehamilan.
DM menempati urutan ke-4 dalam ranking pembunuh manusia. Kongres Federasi Diabetes International tahun 2003 menyebutkan bahwa sekitar 194 Juta orang di dunia menderita penyakit ini. Di Indonesia sendiri tercatat 2,5 juta orang dan diperkirakan akan terus bertambah.

Khasiat Kulit Manggis Untuk Diabetes Melitus
Mengapa kulit manggis berkhasiat menyembuhkan DM ?. Ini disebabkan kulit manggis mengandung senyawa xanthone yang berfungsi mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes melitus. Zat Xanthone dan flavonoid yang terdapat di  dalam dalam kulit manggis bersifat antioksidan.

Antioksidan berkhasiat melindungi serta mencegah sel beta pankreas rusak akibat radikal bebas. Sel ini mengalami regenerasi sehingga kembali memproduksi insulin yang cukup untuk menurunkan gula darah. Sebagai senyawa antioksidan yang diperlukan oleh tubuh, ekstrak kulit manggis berkhasiat sebagai anti radang, anti bakteri, dan juga sebagai anti kanker. Penderita DM, organ pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin secara normal.

Itulah khasiat kulit manggis untuk DM yang terbukti dan teruji ini aman tanpa menimbulkan efek samping. Untuk anda yang mengalami kadar gula darah di atas normal segera konsumsi xamthone plus dari jus manggis yang mengandung manfaat kulit manggis untuk diabetes. Bersambung ………………… (http://khasiatkulitmanggisuntukkesehatan.blogspot.com/2013/05/khasiat-kulit-manggis-untuk-diabetes.html)-FatchurR

4 Responses to Kulit manggis, bermanfaat untuk diabet(1)

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Trimakasih ya, kutunggu sambungannya. Biar lengkap perbendaharaanku.
    Dalam ” TETAP SEHAT DIUSIA LANSIA “

  • Aryanto T(P65) says:

    Yang saya buat 1 buah manggis, kulitnya dicuci kemudian disiram air mendidih 0.5 ltr. Setelah dingin diminum, untuk sehari 3 kali minum. Tqu(lanjutan dari ketua lingkungan untuk takaran)

  • Fatkhurr says:

    Trims untuk mas Aryanto T, tambahan informasinya

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Wah kalau gitu di LA yang harga manggis mahal, USD 6 per lbs, biar saya yang makan manggisnya dan Isteri yang diabetes makan kulitnya.

    Kalau di Probolinggo, saat tidak musim manggis beli saja jamu jampi usus buatan Ny ORK. Saya yang terbiasa dibuatkan jamu jampi usus oleh Alm.Nenek dari kulit manggis, kemudian beli di Ny.ORK. Juga saat daun asam ditepi jalaanan kesekolah sedang mupus, saya selalu diingatkan Alm. Nenek untuk ambil buat sinoman yang kental, caranya daun sinim digiling dengan batu andesit. Nama baru silender penggiling jamu ini saya lupa. Tolong pada yang tau namanya ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita